Programming dengan Bluetooth

Salah satu riset yang sedang saya lakukan saat ini berkutat dengan bluetooth. Ternyata programmingnya tidak semudah yang dibayangkan. Beberapa kawan yang saya tanyai berkata bahwa saya tinggal pake port serial saja, nanti datanya dikirim dari situ. Tapi ternyata bluetooth dongle yang saya punyai tidak terdeteksi sebagai port serial..nah lo 🙂 Akhirnya dicoba untuk mencari library yang lain. Sayangnya saya tidak boleh mendevelop aplikasinya menggunakan Java 😦 padahal di Java banyak sekali library untuk membuat aplikasi berbasis bluetooth.

Akhirnya pilihan jatuh kepada C++ / C#, berhubung saya ingin membuat aplikasi desktop akhirnya saya pilih menggunakan C#. Untuk platform Windows ternyata ada beragam pilihan, apakah mau menggunakan Windows CE atau Windows 7. Inilah yang belum saya pilih 🙂 Dan yang cukup menyulitkan adalah ketersediaan referensi, yang berupa sample kode program baik untuk C++ maupun untuk C# sehingga sangat susah untuk mendevelop aplikasi. Pernah ada yang berkata pernah membuat aplikasi bluetooth tapi untuk mendapatkan kode programnya kita harus membayar 😦 Continue reading