Menyelesaikan Kepemimpinan

Akhirnya bulan Desember 2023 lalu, sekitar tanggal 20 Desember 2023 saya menyampaikan laporan akhir perusahaan. 7 bulan tak terasa saya memimpin perusahaan yang dimulai dari kondisi minus. Lalu apa hasil akhirnya? apakah positif? Iya, seandainya ada satu projek tidak meleset. Entah dianggap sebagai sebuah prestasi atau tidak, selama 7 bulan akhirnya saya bisa mengembalikan kondisi yang tadinya minus menjadi nol. Dari total minus hampir 600jt (termasuk hutang dan modal), saya bisa membayar semua hutang dan mengembalikan modal walaupun belum menghasilkan profit.

Bagi saya sendiri ini merupakan capaian. Saya merasa beruntung diminta memimpin saat kondisi sedang chaos. Memang banyak sekali kesusahan yang dialami, bagaimana kita mengambil keputusan, bagaimana menambah karyawan sementara kondisi keuangan sedang tidak memadai, dan banyak hal lainnya yang akhirnya dapat dilalui dengan baik. Bahkan pernah akhirnya saya meminta jajaran direksi untuk menerima gaji hanya 25% karena saya tidak ingin meminjam untuk menggaji. Untungnya saat itu semua direksi bersedia untuk ditunda gajinya termasuk saya. Saya sendiri masih merasa terpana bahwa saya, dengan keterbatasan yang ada, ternyata mampu untuk mengelola perusahaan yang berada dalam kondisi yang kurang baik ke kondisi normal.

Dengan rapat tersebut, secara resmi saya menyelesaikan kepemimpinan saya dan menyerahkannya kepada direksi yang baru. Lega rasanya saya dapat menyelesaikannya hingga akhir, setelahnya saya kembali menjadi mahasiswa dan fokus untuk menyelesaikan studi saya yang sudah 5.5 tahun ini. Apakah tahun 2023 kemarin terbuang sia-sia? Dari sisi studi mungkin iya, Desember tahun 2023 saya melaksanakan seminar kemajuan 3 dan tahun ini saya baru melaksanakan seminar kemajuan 4 yang artinya saya membuang waktu 1 tahun membiarkan studi saya terbengkalai namun saya berkesempatan untuk mendapatkan banyak pengalaman baru yang rasanya ngga semua orang berkesempatan untuk mengalaminya!

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.