Konser Malam USD semalam

“Mengapa why selalu always?” itulah salah satu kalimat yang didengungkan dan mengundang tawa kebanyakan penonton walau ada juga yang bingung di “Konser Malam” kemarin di universitas Sanata Dharma kampus realino. Saya datang bersama pacar kira-kira jam 20.00-an, sampai sana ternyata ngga terlalu rame. Sebetulnya kalo melihat jumlah kursi dan pesertanya sih rame cuma berhubung tempatnya luas banget jadiny kelihatan sepi. Sesampainya di sana acara ternyata sudah dimulai dan angkringan sudah hampir habis😦 tapi untungnya saya masih dapat 3 nasi, 2 tempe, 1 tahu, dan 1 pisang goreng😀 Gila kesana itu laper apa pengen nonton konser??

Pas menikmati makan malam, ada satu penampilan dari penari-penari tradisional. Mereka membawakan tarian tentang cerita Roro Jonggrang dan Bandung Bandawasa. Lucu sekali menurut saya, karena walau menari mereka masih bisa diajak guyon oleh pembawa acara pada malam hari itu. Jadilah acara menari tradisional yang tadinya sepi menjadi penuh dengan gelak tawa. Selepas mereka menari, ternyata saya baru tau kalo yang menari tadi sudah simbah-simbah!! dan pembawa acara yang masih muda masih juga menjahilin mereka😀 Para penari tadi tergabung dalam grup Sahita dengan komposisi Cempul, Inong, Ting Tong, dan satunya saya lupa🙂 Di atas panggung mereka bercerita dan berpesan bahwa jangan hanya melihat penari dari penampilannya saja. Tari itu merupakan gerak, dan gerak itu bebas dilakukan mulai dari anak balita hingga orang yang sudah sepuh seperti mereka.

Jadi janganlah membedakan atau menonton tarian bukan hanya dari penampilan luar (masih muda, sexy, montok, bohai,dkk) tapi lihatlah dari esensinya, cerminan kebebasan yang berhak dilakukan oleh siapa pun. Sahita juga berpesan bahwa hendaknya kita selalu menjaga kelestarian tarian tradisional, karena jika bukan kita yang menjaga lalu siapa yang akan menjaganya??

Selepas pertunjukkan Sahita, aku pun pulang mengantar pacarku. Sebetulnya masih ingin lebih lama menikmati pertunjukkan itu hanya saja waktu sudah agak malam. Sekali lagi, sebuah malam yang berkesan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s