VGA compatible controller: VIA Technologies, Inc. CN896/VN896/P4M900 [Chrome 9 HC] (rev 01)

Beberapa waktu yang lalu, saya install CentOS di laptop saya menggantikan sistem operasi lamanya (kalau yang ini jangan ditanya mengapa..hehehe). Proses instalasi berjalan dengan lancar, akan tetapi ketika boot tidak mau masuk ke dalam GUI hanya menyisakan layar hitam di depan mata. Akhirnya saya menanyakan diri di forum tetapi tetap saja belum ada jawaban, dari hasil googling saya dapatkan bahwa itu permasalahan driver tetapi saya belum tau solusinya apa.

Jadilah saya hampir satu minggu hanya bisa masuk GUI setelah booting via text mode lalu menjalankan startx secara manual. Padahal saya sudah edit mulai dari /etc/sysconfig/desktop, /etc/inittab, sampai /etc/X11/xorg.conf, dan /etc/X11/prefdm, semuanya sudah saya utak-atik dan di echo di setiap bagian akan tetapi semuanya sama tidak membuahkan hasil. Continue reading

Advertisements

Chm to pdf converter

Sekarang banyak sekali ebook yang bertebaran di internet dengan berbagai format. Mulai dari chm, pdf, exe, hingga djvu. Masing-masing mempunyai reader sendiri (kecuali chm karena tinggal klik). Dulu saya suka membaca format chm daripada pdf karena navigasinya lebih enak, namun chm menjadi satu kendala tersendiri kalo saya ingin mengeprint ebook tersebut (gimana coba ngeprintnya??). Untungnya sekarang ada chm to pdf converter yang sangat mudah digunakan. Continue reading

VAS SMS dari Fren yang ternyata bikin bangkrut pulsa!

Ngga terasa sudah hampir satu taun aku memakai produk dari Fren. Sebetulnya dulu ngga pernah berpikir bakal pake fren tapi berhubung satu keluarga pada pake dan zaman dulu ada paket yang namanya fren sobat jadilah aku nambah 1 ponsel buat ngobrol-ngobrol pake fren. Memang sih teleponnya murah, SMS-nya juga murah tapi kenapa pulsa lama-lama bisa abis? usut punya usut ternyata ini kerjaan VAS dan Ringgo dari Fren! Continue reading

Menghilangkan iklan survey cpalead

Pernah menjumpai tampilan yang mirip dengan gambar diatas?? kalo sudah anda tidak sendiri, terkadang saya pun sering menjumpai tampilan survey dari CPALead tersebut. CPALead memang sekarang sedang menjadi primadona bagi para penampil iklan sebagai alternatif dari adsense atau pun program affiliasi lainnya karena komisinya yang cukup besar. Menyebalkan?? pastinya. Tapi tunggu dulu, ternyata survei ini bisa dihilangkan atau di-bypass 😀 lewat survey-remover (thanks,dude. You’re really awesome).

Berikut langkah-langkah untuk menghilangkan iklan cpalead: Continue reading

Membuat format tanggal Indonesia dalam PHP

Mungkin seringkali terpikir oleh kita bagaimana cara menampilkan tanggal dari sebuah record tabel yang formatnya ‘YYYY-mm-dd’ ke dalam bentuk ‘Hari, tanggal bulan tahun’ ?  Sebagai contoh : di MySQL tanggal ‘2010-01-24’ dan kita ingin menampilkannya sebagai ‘Minggu, 24 Januari 2010’.

Banyak cara yang bisa digunakan, tinggal pilih mau yang susah atau yang mudah. Kalo yang susah bagaimana?? disini saya tidak mencoba untuk membahas yang susah karena biasanya yang susah sudah dilakukan oleh saudara – saudara sekalian.. hehehehe.. Di sini saya akan membahas bagian mudahnya, dengan mengadopsi script PHP dari Joomla.

Untuk menentukan format data tanggal kita tinggal membuat fungsi sebagai berikut :

function date2Ind($str) {
setlocale (LC_TIME, 'id_ID');
$date = strftime( "%A, %d %B %Y", strtotime($str));

return $date;
}

Kita hanya menggunakan beberapa fungsi dari PHP untuk membuat format tanggal yang kita inginkan, yaitu : setlocale, strftime, dan strtotime. Tidak terlalu sulit bukan?? Hanya ada beberapa sedikit konfigurasi pada bagian setlocale(), pada server windows LC_TIME menggunakan ‘Indonesian’ sedangkan pada server Linux LC_TIME menggunakan ‘id_ID’. Lalu bagaimana memanggilnya?? kita tinggal masukkan saja parameter fungsinya. Misal untuk menampilkan tanggal 21-01-2010, kita cukup menuliskan echo(date2Ind(‘2010-01-21’));

Cukup mudah bukan?? semoga script sederhana ini bermanfaat dan bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Bagaimana mengirim email lewat SMTP menggunakan Telnet??

Kemarin Yuki temanku tanya – tanya seputar konfigurasi SMTP yang ngga jalan untuk forumnya. Pesan errornya : “Error: 550 5.7.1 Relaying not allowed:”. Hasil dari beberapa situs menunjukkan kalo mungkin domainnya belom diizinkan untuk menggunakan SMTP server (kalo ngga salah). Akhirnya dari pertanyaan itu, kepikiran untuk nyoba ngirim email lewat SMTP dari telnet kalo selama ini mungkin kita pake SMTP mail client macam ThunderBird atau Ms.OutLook. Berikut caranya :

  1. Lakukan telnet ke SMTP mail server dengan port 25. Ex : telnet domain.com 25
  2. Ketikkan EHLO <namadomain> lalu tekan enter. EHLO disini merupakan singkatan dari Extended Hello, yang nantinya akan menampilkan informasi seputar SMTP mail server.
  3. Ketikkan MAIL FROM : sender@domain.com lalu tekan enter.
  4. Ketikkan RCPT TO: recipient@domain.com lalu tekan enter.
  5. Ketikkan DATA lalu tekan enter. Di bagian ini kita menuliskan isi email kita yang akan kita tujukan ke penerima (recipient).
  6. Setelah menuliskan isi email, kita tekan enter. Lalu ketikkan ‘.‘ untuk mengakhiri penulisan email sekaligus pemberitahuan bahwa email siap untuk dikirimkan.

Berikut contoh penggunaannya :

dewa@liv3:~$ telnet mail.xxx.com 25
Trying 202.169.225.219…
Connected to mail.xxx.com.
Escape character is ‘^]’.
220 mail.xxx.com ESMTP Postfix
EHLO mail.xxx.com
250-mail.xxx.com
250-PIPELINING
250-SIZE 20971520
250-ETRN
250-STARTTLS
250-AUTH LOGIN PLAIN
250-AUTH=LOGIN PLAIN
250-ENHANCEDSTATUSCODES
250-8BITMIME
250 DSN
MAIL FROM:presiden@duniamaya.com
250 2.1.0 Ok
RCPT TO:andrew@xxx.com
250 2.1.5 Ok
DATA
354 End data with <CR><LF>.<CR><LF>
halo,test email nih
.
250 2.0.0 Ok: queued as 2C42120CECA
quit
221 2.0.0 Bye
Connection closed by foreign host.
dewa@liv3:~$

Selamat mencoba 🙂


IT Security?? g-ti.com is the answer!

Do your company want to be assemented for your computer security??

Do your college want to hold some IT Security seminar??

Do your company or college want to hold some IT Security workshop??

Do you wanna protect your company networking??

Or do you need some network installation and setup your own server and also patch its security holes??

Just contact us, or visit us at http://g-ti.com/. We offers some training or workshop related IT securities issues and networking. We also have ever trained research division of Telkom Bandung, and do some research. If you intersted in you can contact to anto@g-ti.com. We have a basecamp in Yogyakarta now.

Here it is some modules from our training :

IT Security : “Attack and Defense”
Firewall and IDS in Practise

best regards,,