Apa sih enaknya pake iPhone?

Itu sebetulnya salah satu pertanyaan yang paling susah dijawab..hahaha.. Dulu saya naksir iPhone kala mulai seri 7, namun harganya yang masih selangit saat itu ditambah speknya yang masih biasa mengurungkan niat saya untuk berganti gadget. Sampai akhirnya tahun 2018 ada iPhone XR yang mendukung dual kartu SIM nano, saya paksakan juga untuk berganti ke iPhone XR dan kini menggunakan iPhone 11. iPhone itu memang mahal, tapi harganya juga cepet banget drop untuk barang secondnya. Di tiap peluncuran seri terbaru, maka seri sebelumnya akan turun sebesar 30%. Setahun 30% bray! Ada juga teman yang beli iPhone 7 second tahun 2016 64GB, dia hanya membelinya seharga 3.5jt di tahun 2018 lalu. Itu sih resiko harganya, namun apa sih enaknya pake iPhone? Kalo menurut saya enaknya tu ini..

Warna dan Resolusi Layar

Ini yang menurut saya paling mengesankan dari iPhone. Saya pernah membandingkan dengan Samsung Galaxy S10 untuk layarnya, namun mata saya ini masih lebih merasa sejuk ketika menatap layar iPhone XR daripada Samsung Galaxy S10 dengan kondisi true tone dan blue filter yang aktif. Layar LCD pada iPhone XR / 11 bagi saya sih sudah cukup, yang pro dan pro max menurut saya malah terlalu terang untuk mata saya yang masih terbiasa menonton televisi tabung.

Face ID dan autentikasi App Store

Aneh sebetulnya ketika banyak orang tidak menyukai FaceID ketimbang fingerprintID. Kalo saya pribadi sangat senang dengan fitur FaceID, alasannya sederhana sih kalo saya : saya tidak perlu terlalu banyak mencet iPhone. Contohnya kalo ada notifikasi dari whatsapp maka saya cukup menyalakan iPhone, meliriknya untuk meng-unlock, dan membaca notifikasinya. Sangat praktis kalo buat saya. Untuk login ke OVO, Tokopedia, Blibli, Mandiri Online, sampai authentikasi untuk mengunduh aplikasi bisa dilakukan lewat FaceID.

Autentikasi App Store di iPhone juga salah satu hal yang bagus menurut saya. iPhone saya kadang suka dipakai Audi untuk main game, biasanya ia suka liat iklan dan mencet iklannya sehingga diarahin ke aplikasinya. Nah, kalo pake iPhone dia perlu authentikasi sehingga kalo saya ngga mengizinkan ya Audi ngga akan bisa download aplikasinya. Beda ketika memakai smartphone Mawa yang android, Audi dengan kalap mendownload berbagai macam game ke smartphonenya.

Engine yang sama untuk tiap seri

Untuk iPhone seri 11, saya memutuskan untuk menggunakan iPhone 11 karena menurut saya dari segi harga, iPhone 11 itu yang harganya paling masuk akal. Beda 1 lensa kamera telefoto, layar OLED, beberapa perintilan fisik bukan hal yang utama buat saya. Bagian yang sangat mengesankan itu bahwa memori, jenis lensa kamera, sistem operasi, serta processor yang digunakan di iPhone 11 itu sama persis dengan yang dipakai di iPhone 11 Pro dan Pro Max. Mengesankan bukan? buat saya udah maknyus pake iPhone 11 tanpa membandingkan komponen fisiknya dengan 11 Pro dan 11 Pro Max.

Interoperabilitas

Buat saya ini salah satu fitur yang bagus, sekarang pun sudah banyak yang menerapkan fitur ini seperti Microsoft dengan Windows 10 mereka. Ketika saya berpindah devices dari iPhone ke iPad misalnya, untuk mengakses apple Music atau game maka saya cukup login menggunakan AppleID dan nanti semua history dan library yang ada di perangkat iPhone akan muncul di iPad.

Mungkin masih banyak hal menarik, mulai dari fotografi hingga game.. Berhubung saya ngga terlalu suka game, dan motret juga minim pengalaman, saya hanya bisa menuliskan pengalaman saya selama memakai iPhone dan fitur – fitur yang saya sukai. Kalo anda android lovers dan ingin tetap pake android juga ngga masalah, tapi kalo anda bertanya apa sih enaknya pake iPhone? maka kira – kira jawaban saya seperti yang tertulis di blog ini.. hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.