Menyiapkan Studi S3 di ITB

Disclaimer : tulisan ini sangat subjektif karena berasal dari apa yang saya alami, yang mungkin bisa berbeda dengan apa yang orang lain alami.

Sebetulnya studi S3 di ITB itu apa aja sih yang perlu dipersiapkan? Mungkin ini pertanyaan bagi sebagian besar calon mahasiswa doktoral yang ingin melanjutkan studi di ITB. Nah, berikut hal – hal yang perlu dipersiapkan untuk masuk sebagai calon mahasiswa doktoral di ITB :

  1. Proposal riset. Ini hal yang sangat penting, karena proposal ini yang akan menjadi bahan diskusi dengan promotor. Lalu, apakah proposal riset itu harus sudah sangat dalam? Menurut saya sih ngga perlu dalam, yang penting didalamnya kita sudah tahu mau meneliti apa ketika nanti diterima sebagai mahasiswa program doktoral. Bagaimana menyiapkan proposal penelitian kita? untuk menyiapkan proposal mau ngga mau harus didahului dengan membaca jurnal – jurnal yang terkait dengan topik yang ingin kita teliti. Tujuannya supaya kita tahu penelitian terkait topik yang ingin kita teliti sudah sejauh apa saat ini? apa topik yang sedang hangat? dan bagaimana posisi ide kita, apakah masih memungkinkan untuk direalisasikan atau ternyata sudah ada yang mengerjakan?
  2. Promotor. Jadi proposal riset dan promotor itu tidak dapat dipisahkan, karena promotor yang nantinya akan mengarahkan penelitian kita. Apabila kita sudah dapat kandidat promotor yang sesuai dengan topik kita, usahakan untuk bertemu secara langsung. Apa pasal? chemistry itu penting. Di awal mungkin kita sudah bisa merasa cocok atau ngga sejak pertemuan pertama. Namun, memilih promotor juga ternyata menjadi salah satu problema tersendiri.. hehehe.. ya, ada banyak pertimbangan ketika kita mencari promotor yang semuanya kembali ke diri kita masing – masing, saya ingin mencari apa selama studi doktoral di ITB? Misalnya saya di STEI, biasanya informasi para promotor ini sudah getok tular dari tiap kenalan kita.

Nah, itu tahapan awal yang perlu kita persiapkan sebelum memutuskan untuk mendaftar seleksi ujian tertulis. Untuk persiapan ujian tertulis nanti akan dibahas pada bagian selanjutnya. Sebetulnya, perjalanan kita nantinya memang pasti akan berbeda satu dengan yang lain walau bisa jadi berada di lab yang sama. Banyak faktor yang mempengaruhi, baik dari internal maupun eksternal. Dan salah satu kuncinya adalah promotor, orang yang akan menjadi rekan selama 3 tahun kita menjalani studi. Makanya, pemilihan promotor itu sangatlah penting. Pilihlah dengan bijak, sekali lagi, sesuai dengan apa yang kita cari selama menjalani studi nantinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s