Internetan murah di Jepang dengan XL Pass

Kalo kita browsing mencari kartu SIM yang murah untuk berwisata ke Jepang, nyaris tidak ada. Semua berkisar pada harga Rp 350.000 – Rp 400.000 untuk 7 hari dengan kuota sekitar maksimal 5GB. Memang ada yang murah, tapi harga tetap berkisar di angka Rp 250.000. Pilihan lain untuk tetap dapat terhubung ke internet selama di Jepang yakni dengan menyewa wifi saku, tapi harganya juga lumayan sekitar Rp 70.000 – Rp 80.000 per harinya. Lalu, adakah yang lebih murah lagi?

Tentu saja ada! Salah satu pilihannya adalah menggunakan XL Pass. Kita cukup membeli paket XL Pass seharga Rp 200.000 ( apabila 7 hari ), dan membeli paket Xtra Combo ( apabila belum ada ). Dengan paket ini, kita bisa ndompleng di semua jaringan operator yang bekerja sama dengan XL selama pass kita aktif untuk menghabiskan paket data kita. Ilustrasi keuntungannya sebagai berikut : Tanggal 5 Juli 2017 saya berangkat ke Jepang dari Jakarta transit di Malaysia selama 1 hari, lalu lanjut ke Jepang. Kembali tanggal 11 Juli 2017 dari Jepang dengan transit lagi di Malaysia. Apabila pass mulai diaktifkan pada tanggal 5 Juli, maka kita sudah bisa menggunakannya pada saat berada di Malaysia. Lumayan kan, kita ngga perlu mati gaya atau hanya sekedar membeli kartu perdana apabila ingin internetan.

Lalu, bagaimana kalo kita ingin berbagi koneksi dengan yang lain? Nah, solusinya bisa menggunakan modem wifi seperti yang saya lakukan beberapa waktu yang lalu. Ketika saya berada di Jepang, saya daftarkan dulu kartu SIM ke operator Docomo dan mengaktifkan data roaming. Apabila data roaming tidak diaktifkan, walaupun pass sudah aktif maka kartu tetap tidak akan bisa digunakan. Setelah aktif, baru kartu SIM saya pindahkan ke modem wifi dan voilla! saya dan rekan-rekan yang lain bisa terhubung dengan internet. Kalo tidak punya modem wifi kita juga bisa menggunakan mode tethering pada ponsel kita, namun akibatnya ponsel kita bakal cepat habis.

Jadi kira-kira itulah seputar XL Pass, saya merekomendasikannya sebagai salah satu cara untuk dapat terhubung dengan internet selama di Jepang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s