Menikmati lezatnya seafood Asui di Bangka

Salah satu destinasi kuliner seafood yang sohor di kota Pangkalpinang adalah RM. Asui yang terkenal dengan masakan lautnya. Kalo menu andalannya sih ikan tengiri bakar, tapi menurut saya masih banyak pilihan yang lain. RM. Asui ini sudah ada di peta google jadi kita tidak akan repot mencarinya, dan RM. Asui ini berdekatan dengan destinasi kuliner yang lain, yakni bakmi Akau dan otak-otak Ase ( terletak di jalan yang sama ).

Saya dan keluarga datang pada waktu malam tahun baru, kira-kira pukul 20.30, yang mana ternyata masih rame penuh sodara-sodara! Mungkin kalo sudah hari biasa seperti sekarang tidak akan terlalu penuh. Harga yang dipatok di sini untuk masakan lautnya mulai Rp 40.000-an. Agak mahal mungkin ya? tapi sebanding kok dengan cita rasanya. Bahan yang segar dipadu dengan bumbu menjadi sajian yang sangat nikmat. Kalo yang sering makan di Jakarta, di resto-resto seafodd terkenal, atau yang sering menikmati ikan di daerah timur Indonesia, mungkin rasanya terkesan biasa aja. Tapi jika anda membandingkan dengan RM sejenis yang ada di sekitaran pantai, misalnya Pangandaran, maka Asui ini juaranya.

Saya dan keluarga pada malam itu memesan lokan saus tiram, ikan kerapu goreng, udang saus mentega, 2 nasi putih, dan 2 teh tawar. Nah, kalo anda mampir ke Bangka, hampir tidak ada menu kerang di setiap restoran seafood, yang ada itu lokan. Jadi mungkin inilah kerang yang khas di Bangka. Lokan ini sejenis kerang tapi ukuran cangkang dan dagingnya lumayan besar. Dagingnya juga lumayan alot, tapi sangat enak dimakan. Kalo pas mampir ke restoran seafood saya sarankan nyobain lokan, karena lokan juga biasanya musiman dan tidak selalu ada. Lokan saus tiramnya nendang, udang saus menteganya juga lezat, dan kerapu gorengnya ngga amis. Jadilah makan malam itu terasa sangat nikmat setelah seharian kami menikmati Belinyu. Berapa harga yang harus kami bayar? yahh.. kisaran 200rb sih.. hehehe.. tapi sebandinglah dengan nikmatnya. Lokan saus tiram seharga Rp 60.000, ikan kerapu goreng Rp 40.000, dan udang saus mentega seharga Rp 40.000, sisanya nasi dan air teh yang saya lupa harganya.

Jadi, ini saya rekomendasikan untuk dikunjungi apabila mampir ke Pangkalpinang..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s