Toko Langgeng Jaya

Toko Busa Langgeng Jaya

Toko Busa Langgeng Jaya

Mulai hari minggu, 12 Juni 2016, saya resmi membuka toko. Namanya Toko Busa “Langgeng Jaya“. Sebetulnya awalnya bingung ingin memberi nama apa, dan tiba-tiba saya teringat salah satu nama tokoh dari cerita yang booming banget beberapa waktu yang lalu di kaskus. Cerita buka toko ini sebetulnya udah lama, saat saya sekarang mulai jenuh dan butuh pelarian untuk sesuatu yang baru, akan tetapi baru sekarang terwujud.

Tidak mudah memang memulai suatu hal, sama seperti membuka toko ini. Awalnya saya harus memikirkan mau jualan apa dulu, berapa modal yang dimiliki, apa saja yang harus diberesin dan disiapkan. Saya juga ngga tau apakah nantinya akan laris atau ngga, apa ada yang membeli barang yang saya jual atau ngga. It’s like gamble. Saya mengerti keluar dari zona nyaman memang tidak mudah, perlu banyak perjuangan. Untungnya ini bukan kali pertama saya mengalami yang seperti ini, hehehe.. Dulu saya pernah ketika masih kuliah sembari bekerja, saya mendapatkan proyek yang cukup besar yang bisa digunakan untuk membiayai studi kuliah dan hidup. Akhirnya saya jadi nggaya dan belagu, saya putuskan untuk tidak memperpanjang kontrak kerja ( saat itu perusahaan diakuisisi oleh induk perusahaan dan saya ditawari untuk pindah ke induk perusahaan ) dan memulai karir sebagai freelancer. You know something?? Akhirnya ngga ada pekerjaan freelance, uang habis dipakai hidup, dan saya mencari kerja lagi.

Dari pengalaman itu ya saya belajar, semuanya perlu persiapan. Sekarang saya sudah punya pekerjaan tetap, tapi untungnya waktunya fleksibel sehingga saya putuskan untuk memulai usaha. Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan dengan lancar. Saya sempat ditanya sama mertua, kok buka tokonya dadakan gini? dan saya hanya menjawab, kalo ngga dipaksa buka ya ngga akan buka karena pasti terlalu banyak pertimbangan ( salah satunya ya resiko gagal yang mungkin ada ). Tapi ini juga bukan berarti bahwa saya asal buka toko tanpa persiapan apa pun. Semuanya sudah disiapkan, tapi saya paksakan mental ini untuk jalan. 1000 km dimulai dari 1 cm, 1000 jam dimulai dari 1 detik. Oleh karena itu, mulailah!

Leave a Reply

