Perjalanan Johor Bahru – Singapura PP

Pada saat di Johor Bahru saya memutuskan untuk pergi ke Singapura melalui jalur darat. Saya ngga akan membahas tempat wisata di Singapura karena pasti sudah pada taulah tempat wisatanya seperti apa. Apabila bepergian ke Singapura dari Johor Bahru, kita harus mulai dari JB Sentral. Ada dua pilihan : kita dapat menggunakan bus atau kereta api dengan waktu tempuh yang hampir sama ( Moda bus biasanya turun di Newton Circus atau Queen Street, sementara moda kereta api biasanya turun di Woodland, lalu lanjut dengan MRT. Dari stasiun Woodland ke Bugis / Queen Street bisa memakan waktu 35 menit karena jaraknya yang jauh ). Di JB Sentral, kita tinggal mengikuti papan penunjuk arah ke Woodland dan sampai pada bagian imigrasi Malaysia. Dari imigrasi Malaysia, kita masih harus berjalan lagi. Nah, nanti ada papan penunjuk arah ke kanan & kiri, tapi tanpa keterangan mana yang Singapura, kita sebaiknya ambil yang sebelah kanan. Bisa turun lewat lift atau tangga.

Imigrasi Malaysia

Di bagian bawah banyak bus menunggu yang akan menuju ke Singapura. Lalu kita naik yang mana? Kita bisa naik berbagai macam bus kecuali yang menuju arah bandara Changi😀 Ada beberapa pilihan bus, yakni SME (Singapore Malaysia Express) dengan harga tiket 3.3 RMY atau causeway link yang berwarna kuning dengan harga tiket 3.3 – 4 RMY tergantung tujuan. Bus causeway link mempunyai dua tujuan : Queen Street atau Newton Circus. Saya sarankan untuk naik causeway link. Mengapa? karena busnya banyak. Untuk tujuan juga saya menyarankan turun di Queen Street, karena dekat dengan stasiun MRT Bugis & Bugis Street. Kita bisa langsung berbelanja atau makan di sekitar jalan Bugis.

Perjalanan dari Johor Bahru ke Woodland checkpoint hanya memakan waktu 10 menit apabila lancar, dan bisa 20 menit apabila macet. Di check point, kita harus turun dan masuk ke bagian imigrasi Singapura. Bus rasanya memberi waktu sekitar 10 menit bagi kita untuk menyelesaikan proses imigrasi. Apabila terlambat, berarti kita harus ikut bus berikutnya tapi harus yang sama dengan yang kita naiki di awal. Misalnya di awal naik SME ya berikutnya harus naik SME lagi. Tips dari saya : bawalah pulpen untuk mengisi form imigrasi. Apabila ingin beberapa kali PP dari Johor Bahru ke Singapura, ambil beberapa form imigrasi sehingga bisa diisi di mana pun untuk menghemat waktu. Nah, ketika pergi saya naik bus SME. Ternyata bus-nya baru ada sekitar 30-40 menit sekali😦 akibatnya saya harus menunggu apabila lama di proses imigrasi Singapura. Itulah sebabnya saya menyarankan untuk naik causeway link. Busnya ada banyak dan sering lewat, jadi walaupun kita ketinggalan bus awal kita, kita tidak perlu menunggu lama untuk naik bus berikutnya.

Imigrasi Singapura

Dari Woodland checkpoint memakan waktu sekitar 30 – 40 menit untuk sampai ke tempat tujuan. Newton Circus dan Queen Street sebenarnya dekat, hanya terpaut beberapa ratus meter. Hore!! Kita sudah sampai Singapura!!

Nah, untuk pulangnya bisa menggunakan cara yang sama seperti pada saat pergi. Selain menggunakan moda bus, apabila ingin lebih nyaman kita bisa menggunakan moda kereta api. Kita bisa membeli di JB Sentral & di stasiun Woodland. Berikut jadwalnya untuk Johor Bahru dan Woodland.

Jadwal JB Sentral - Singapura

Jadwal JB Sentral – Singapura

Jadwal Singapura - JB Sentral

Jadwal Singapura – JB Sentral

Harga dari Johor Bahru ke Woodland sekitar RMY 4.8, pulangnya juga sama, hanya tarifnya dalam SGD😀 Untuk perjalanan ke Johor Bahru – Singapura atau sebaliknya, saya menyarankan untuk bepergian di hari Senin – Rabu. Mengapa? karena saya sudah merasakan tersiksanya bepergian di hari Jumat! Proses di imigrasi Singapura & Malaysia sangat panjang di malam hari. Pada saat pulang dari Singapura, saya memilih pergi dari Woodland. Kesalahan terfatal saya adalah saya memilih pulang dengan bus daripada naik kereta! Saya harus menunggu bus nomer 650 di peron 13 sekitar 40 menit, sehabis itu masih harus mengantri lagi di imigrasi Singapura, dan mengantri kembali di Woodland untuk mencari bus ke JB Sentral. Di imigrasi Malaysia, saya masih harus tersiksa mengantri kembali di sana! Total waktu ada 2,5 jam untuk kembali dari Woodland ke Johor Bahru. Kondisi yang tidak akan terjadi seandainya saya memilih naik kereta dari Woodland ke Johor Bahru,,hehehe.. saya jadikan pengalaman berharga yang saya bagikan.

Kereta api paling malam dari Woodland pukul 23.15 jadi bisa santai sambil ngopi-ngopi di sana tanpa harus stress menunggu bus. Kalo memang anda memilih pulang dari Woodland, saya menyarankan untuk naik kereta api saja😀 Selamat travelling!

2 thoughts on “Perjalanan Johor Bahru – Singapura PP

• Katanya ada petugas imigrasinya di kereta, mbak. Saya dulu ngga nyobain naik kereta, tapi saya menyarankan naik kereta supaya ngga capek ngantri di imigrasi dan tukar bis di perbatasan imigrasi.