Review hotel Tune di Johor Bahru

JB-building

Saat pergi ke Johor Bahru, saya bingung ingin menginap di mana. Kebetulan saya juga belum pernah ke Johor, akhirnya saya coba mencari hotel yang ada, dan pilihan jatuh pada Tune Hotel. Bukan tanpa sebab saya memilih hotel ini, pada saat itu ada promo akhir tahun. Saya menginap selama 5 malam di Johor, memesan 2 kamar, dan hanya membayar sekitar 362 RMY atau sekitar Rp 1.158.400 (1 MYR = Rp 3.200). Kalo diitung-itung, harga 1 kamar untuk 5 malam hanya sekitar Rp 579.200 atau per malam hanya membayar Rp 115.840! Murah banget kan?? hehehe…Oya, harga segitu untuk fasilitas yang sangat standar yakni hanya kamar tidur saja, tanpa AC (hanya menggunakan kipas angin), tanpa tivi kabel, dan tanpa handuk+peralatan mandi. Berikut catatan saya yang mungkin sangat subjektif tentang Tune Hotel, Danga Bay :

Lokasi

Dari bandara Senai, waktu tempuhnya hanya sekitar +/- 25 menit. Kalo dari bandara Senai kita dikenakan tarif 44 RMY menggunakan taksi bertiket. Sebaliknya dari hotel ke bandara kita dikenakan tarif 50 RMY (lebih mahal sedikit, karena taksi yang masuk bandara dikenakan charge 12 RMY, jadi sebetulnya harga taksi sekitar 36 RMY). Hotel Tune di Danga Bay ini terletak pada kompleks pertokoan sehingga memudahkan kita untuk mencari makan (makanan halal juga banyak) di sekitar hotel dengan harga yang terjangkau (misal : soto ayam hanya sekitar 5,5 RMY). Ada juga toko seven eleven disamping hotel kalo kita ingin ngemil.

Berbicara soal lokasi, sebetulnya hotel Tune di Danga Bay ini cukup jauh dari mana-mana. Tempat wisata gratis terdekatnya hanya Danga Bay yang berjarak sekitar 1,5 km dan istana sultan Johor. Pusat perbelanjaan yang besar & pintu ke Singapura ada di daerah JB Sentral & mall City Square. Kalo mau ke sana kita harus merogoh kocek sekitar 12 RMY sekali jalan untuk naik taksi. Jadi saya menyarankan kalo memang ingin bolak-balik ke Singapura, atau banyak berbelanja lebih baik cari penginapan di sekitar JB Sentral sehingga kita bisa jalan kaki kalo bepergian.

Fasilitas

Ukuran kamarnya termasuk kompak (baca : kecil), jadi hanya ada sedikit area untuk bersantai. Namanya juga hotel budget. Perlengkapannya standar hotel, lantai dan kamar mandinya juga bersih. Oiya, Johor Bahru itu cuacanya termasuk panas, hampir sama seperti Jakarta. Tapi kalo buat saya, kipas angin sudah cukup untuk mendinginkan ruangan. Salah satu hal yang sangat saya sukai dari hotel Tune ini adalah adanya air minum gratis! selain mbak resepsionisnya yang lumayan cantik..hahahaha.. jadi di dekat lift itu tersedia dispenser, dan kita bisa mengambil airnya kapan pun kita mau. Lumayan,,buat ngirit beli air minum. Harga air minum 1,5L kalo di 7/11 sekitar 3,5 RMY. Kalo di luar ada sih yang 2 RMY.  Tapi kalo ada yang gratis, kenapa ngga?

Apabila kita sewa kamar hotel dengan fasilitas standar di awal, kita dapat menambahkan layanan secara langsung dengan harga yang sama yang tertera pada website. Kalo saya ngga salah baca upgrade kamar (+AC, +tv kabel, +perlengkapan kamar mandi) hanya sekitar 26 RMY/hari atau sekitar Rp 72.000/hari.

Bagaimana kalo mau ke Legoland? atau ke Singapura?

Kalo mau ke Legoland, kita bisa menggunakan taksi (yang harganya juga nampaknya aduhai). Alternatif lain, kita bisa menggunakan jasa agen travel yg berada tepat disamping hotel. Agen tersebut menawarkan paket-paket wisata ke Legoland, Hello Kitty Town, sampai ke Universal Studio di Singapura. Harganya? ya lumayan mahal sih, tapi setidaknya kita ngga repot cari kendaraan pergi-pulang, dan ngurusin pemesanan tiket. Tinggal bayar dan jalan😀 Selain itu tersedia juga Odyssey Shuttle apabila ingin bepergian ke Legoland dan Singapura dengan harga yang lumayan terjangkau.

odysseyJadi, kalo anda ingin mencari budget hotel, saya merekomendasikan Tune Hotel Danga Bay ini. Selain murah, tempat makan seadanya juga banyak, wisata ada teluk Danga, satpamnya jutek, plus air minum gratis.. tetep, yang gratis harus dicantumkan.. Tapi kalo ingin di pusat kota, saya menyarankan menginaplah di sekitaran JB Sentral. Kalo harga saya terus terang ndak tahu karena belum pernah nginap di sekitaran JB Sentral. Semoga informasinya bermanfaat😀

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s