Kids Travelling Bandung – Johor Bahru – Singapura (Bag. 1)

Akhirnya, saya mengalami juga apa yang disebut dengan kids travelling, yakni berwisata sambil membawa anak, kalo saya membawa anak saya yang baru berusia 1,7 bulan dikarenakan emaknya sudah pengen sekali (kebelet-red) jalan-jalan ke luar negeri. Akhir tahun 2015, saya mengecek maskapai favorit kami yakni airasia mencari promo yang tersedia. Saya mendapatkan promo 800rb PP dari Bandung-Johor Bahru, karena kami anggap cukup terjangkau ya sudah kami ambil promonya itu. Saya mengajak serta mama & tante saya. Berwisata dengan anak-anak itu membutuhkan banyak hal, berikut adalah yang wajib kita persiapkan jika ingin berwisata membawa balita :

  1. Stroller / kereta dorong bayi. Ini adalah alat wajib yang perlu dibawa apabila kita bepergian dengan anak yang masih di bawah 5 tahun. Tadinya saya malas membawa stroller, tapi akhirnya saya bersyukur dan merasa diuntungkan dengan membawanya. Kenapa?? coba bayangkan kalo anak anda lagi malas jalan, bobotnya 20kg, inginnya digendong dan anda harus berjalan kaki di sepanjang Orchard Road😀
  2. Pakaian ganti, popok, susu bayi, jaket, biskuit, obat-obatan, dan barang kebutuhan anak lainnya.
  3. Payung, jaket, topi, dan perkakas yang disesuaikan dengan kondisi tempat wisata.

Salah satu yang perlu diperhatikan juga adalah masalah waktu. Ketika membawa anak-anak kita harus menyediakan waktu jeda yang cukup banyak (dari pengalaman membawa Mawa yang usianya masih < 2 tahun), untuk makan, istirahat apabila anak merasa lelah, dsb. Saran saya, apabila wisata membawa anak kecil kita perlu menyediakan hari yang lebih banyak. Ilustrasinya begini : misalnya ada 10 objek wisata yang kita ingin kunjungi. Kalo waktunya padat kita butuh 3 hari, tetapi apabila kita membawa anak lebih baik kita menambahkan 2 hari sehingga total waktunya 5 hari. Lebih lama? Iya, tapi itu lebih baik daripada memaksakan anak untuk mengikuti ritme kita yang sudah lebih dewasa.

Balik lagi ke perjalanan, penerbangan airasia dari Bandung – Johor Bahru hanya ada 2x dalam seminggu (hingga tulisan ini diturunkan), yakni Selasa & Kamis. Saat itu saya memilih pergi hari Kamis dan pulang hari Selasa supaya bisa kemana-mana. Johor Bahru itu menurut saya lokasinya cukup strategis. Harga tiketnya tidak begitu mahal, kita juga dapat bepergian ke Singapura (kalo ngga macet hanya makan waktu 1 jam) atau ke Batam (memakan waktu 1 jam juga dengan ferry). Jadi dengan satu tujuan, kita dapat pergi ke 3 tempat yang berbeda. Harga makanan tidak terlalu mahal, yang agak mahal dari Johor Bahru hanya transportasinya. Kemana-mana kita harus naik taksi yang berkisar antara 15-20 RMY.

Perjalanan dari Bandung – Johor Bahru memakan waktu dua jam saja. Bandara Johor Bahru itu bentuknya tidak terlalu besar, tapi masih lebih besar daripada Husein Sastranegara yang ada di Bandung. Nah, sebelum pintu keluar terdapat kounter-kounter untuk sewa mobil, dan kounter untuk taksi / bus. Dulu sebetulnya ada bus gratis yang disediakan oleh AirAsia, tapi semenjak Juli 2015 sudah tidak ada lagi. Waktu itu saya menginap di Tune Hotel, di daerah Danga Bay. Untuk ke hotel sebetulnya ada dua pilihan, menggunakan bus atau taksi. Bus dari Bandara adalah Causeway Link yang warnanya kuning. Harga tiketnya 8 RMY, dan berangkat tiap satu jam. Pilihan kedua adalah menggunakan taksi bertiket. Untuk jalur ke Danga Bay, harganya 44 RMY. Agak mahal ya, tapi kalo perginya banyakan jadi terasa murah. Jalan di Johor Bahru sudah modern dengan banyak jalan layang dan flyover, hanya saja tidak ramah dengan pejalan kaki karena hampir di setiap jalan itu trotoarnya sangat sedikit, bahkan hampir tidak ada.

Taksi bertiket

Taksi bertiket

Jarak dari bandara Senai ke hotel Tune memakan waktu lebih kurang 30 menit. Kira-kira pukul 15.00 kami sampai di hotel Tune, dan disambut dengan resepsionis yang ramah.. ahhh.. waktunya berbaring sejenak..

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s