Hati – hati mendaftar paspor secara online

Akhir tahun 2015, paspor Mawa sudah habis. Karena kami di awal tahun 2016 akan melakukan tamasya keluarga, jadinya saya minta dia memperpanjang paspornya yang sudah kadaluarsa. Proses pendaftaran secara online berjalan dengan baik, hanya saja pada saat memilih permohonan paspor baru atau penggantian paspor habis berlaku saya salah memilih, jadilah kami harus rela kehilangan 350rb untuk mengubah status pembuatan paspor. Pada kita mengajukan pra permohonan paspor, maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

paspor online

Di bagian laman itu kita harus memilih jenis permohonan, lalu bagaimana kita memilihnya? Apabila kita sama sekali belum punya paspor, maka yang harus kita pilih adalah permohonan Baru – Paspor Biasa. Lalu, apabila kita sudah pernah punya paspor, tetapi sudah kadaluarsa (sudah lewat masa berlakunya) atau masih berlaku tapi hampir kadaluarsa, maka yang harus kita pilih adalah Penggantian – Habis Berlaku.

Saya pikir adalah sama saja ketika paspor sudah habis berlaku lalu kita mengajukan kembali paspor baru. Tapi ternyata itu berbeda. Saya tidak tahu dimana bedanya. Mungkin nomor paspor kita tercatat seumur hidup. Lalu gimana dong kalo saya salah pilih tapi sudah bayar?? Kalo sudah bayar tapi salah pilih, ya siap-siap saja untuk merogoh kembali kocek sesuai dengan harga pengajuan permohonan, yakni Rp 355rb, untuk mengganti status permohonan paspor yang dibayarkan langsung ke petugas!šŸ˜€ *seperti kejadian yang dialami oleh Mawa* Alasannya itu merupakan biaya yang diperlukan untuk membuat surat. Bikin surat penggantian kok mahal banget! Memang ada yang bisa gratis, tapi ya harus ribut-ribut dulu, kalo malas ribut ya berarti siapkan uang penggantiannya. Atau kalo ngga mau bayar uang ke petugas dengan asumsi biasanya masuk kantong pribadi, lebih baik ajukan lagi permohonan paspor yang baru. Tapi jangan salah pilih lagi ya!šŸ˜€

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda sekalian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s