Caranya bersikap

envy.jpg

Pernahkah kalian merasa iri dengan orang lain? Kalo saya pernah. Menurut saya, perasaan iri itu bisa dibagi menjadi dua hal, yakni positif dan negatif. Keduanya sebetulnya sama-sama masalah mental, tetapi berbeda dalam hal penanganan. Ketika saya melihat orang lain itu lebih sukses dari saya, maka yang saya lakukan biasanya mendekatinya, berdiskusi bagaimana caranya dia dapat meraih kesuksesan itu. Rezeki memang bukan kita yang atur, akan tetapi kita merasakan energi yang positif. Bisa jadi juga, teman kita itu yang nantinya buka jalan buat kita untuk mendapatkan rezeki sehingga kita sama-sama sukses.

Tipe yang kedua itu iri yang memang negatif, ketika ada orang lain itu sukses maka kita ngga suka dengan kesuksesannya. Kita akan melihat bahwa dia itu sebetulnya ngga pantas untuk sukses, hanya karena kita ngga bisa sama dengan dia. Itu masalah mental yang sangat sulit. Jika perasaaan tidak suka atau ‘dislike‘ itu berasal dari perasaan iri, itu yang susah untuk dibenahi. Fenomena ini pasti banyak ditemui, termasuk saya yang berada di lingkungan akademik. Dosen yang punya kiprah di luar, biasanya tidak terlalu disukai oleh mereka yang lebih rajin di dalam.

Kebanyakan orang biasanya ingin orang lain senasib seperti mereka. “Seandainya orang lain mampu mendapatkan uang, maka kita harus memusuhi mereka. Tapi kalo kita mendapatkan uang, janganlah bagi-bagi dengan mereka.” Biasanya seperti itu bentuk orang iri, yang saya bilang iri secara mental. Lalu bagaimana jika kita menghadapi orang seperti itu? Hmm,,kalo kata saya sih ya lempeng aja. Ngapain ngikutin mereka yang memang iri sama kita, karena terkadang dengan banyaknya orang yang iri sama kita justru membuat kita semakin sukses. Ini saya pikir fenomena yang aneh, tapi selalu terjadi. Kalo memang para iriers ini bisa berubah ya mari dirangkul, tapi kalo ndak bisa ya biarin aja, karena ini hidup kita. Kita yang memutuskan akan kemana kita melangkah.

Gambar diambil dari sini.

Leave a Reply

