Empal Gentong & Empal Asem pak Apud

Empal gentong pak Apud. Gambar diambil di sini.

Empal gentong pak Apud. Gambar diambil di sini.

Pada saat ke Cirebon minggu lalu, saya dan Mawa ingin mencicipi empal gentong yang konon katanya paling enak se-Cirebon. Ada dua pilihan sebetulnya, yakni Amarta dan H. Apud, tapi karena pas lewat depan Amarta tempatnya ndak terlalu ramai maka kita putuskan untuk makan di tempat pak Apud. Sampai disana, ternyata tempatnya sangat ramai, apalagi kondisi waktu itu hari libur jadi lumayan penuh. Untung kami bisa dapat tempat jadi bisa langsung duduk dan memesan makanan.

Menu yang ditawarkan ada Empal Gentong & Empal Asem (harga 20rb) dengan berbagai macam kombinasi isinya (daging sapi, babat, usus, kikil), Sate Kambing (30rb), Sate Kambing tanpa Lemak (35rb), Nasi Lengko (10rb), dan Nasi Putih (5rb). Kami memilih mencicipi empal gentong dan empal asem. Tidak lama kemudian, datanglah pesanan kami. Sewaktu saya mencicipi empal asemnya,, beuhhhh.. mata sampai terpejam-pejam karena asamnya.. Jadi ternyata empal asam itu bening, mirip seperti soto Bandung tetapi rasanya asam. Buat yang penikmat asam sih katanya segar, tapi buat saya sungguh menyiksa kalo disuruh menghabiskan semangkok empal asem. Kemudian giliran saya mencicipi empal gentongnya..slurpp.. dan ternyata rasanya?? biasa saja. Kalo saya bilang rasanya kurang ‘nendang’, rasa gurih di kuah kurang terasa & perpaduan wangi antara daging dengan bumbu empal kurang tajam. Mungkin buat kebanyakan orang empal gentongnya sangat enak, tapi untuk saya ini biasa saja. Saya pernah makan empal gentong di salah satu warung yang tidak terlalu ramai & rasanya lebih nikmat dari ini.

Saya ndak tahu apakah memang rasanya dari dulu seperti ini atau dulu sebetulnya lebih enak? setelah harga-harga beserta bbm itu naik banyak warung makan yang tadinya menyajikan makanan enak menjadi turun kualitasnya. Saya lebih suka harga naik sedikit atau porsi dikecilkan akan tetapi rasanya masih sama, daripada harga tetap tetapi rasanya sudah berbeda.

Jadi, kalo kata saya empal gentong paling enak di Cirebon bukanlah H. Apud. Warung makan Amarta saya belum pernah mencoba, mungkin ada yang mau memberi reviewnya? Kalo begitu yang enak dimana dong? hampir semua sama saja, tapi yang cukup enak terakhir saya makan itu di warung makan sebelah nasi jamblang mang Dul, di depan Grage Mall. Mungkin bisa dicoba kalo mau kesana.

Leave a Reply

