Menikmati Katjapiring

Beberapa waktu yang lalu, saya, Mawa, dan mami mencoba menikmati masakan di Katjapiring. Resto yang konon katanya memadukan masakan peranakan (keturunan Tionghoa) dan Melayu. Kalo saya bilang sih mirip masakan yang ada di Penang. Sebetulnya saya agak heran dengan restoran yang ada di Bandung ini, heran karena hampir semua menunya berbahasa Inggris, jarang yang berbahasa Indonesia. Masih mending kalo ada menu berbahasa Indonesia lalu diikuti bahasa Inggris, tapi di sini ternyata ngga ada sama sekali. Setelah melihat-lihat daftar menu cukup lama akhirnya kami memilih “fried noddle mamak style”, “mango chicken peranakan”, “butter prawn”, dan “oxtail soup”. Kalo dialihbahasakan menjadi Mie goreng gaya mamak, ayam mangga peranakan, udang goreng tepung, dan sup buntut sapi🙂

Tidak lama kemudian pesanan kami datang, waktunya mencicipi berbagai macam hidangan yang tersedia! Butter prawn yang kami pesan, ternyata cukup banyak udangnya kami kira, tetapi yang bener-bener ada dagingnya hanya sedikit😦 terus sisanya apa? sisanya itu ternyata hanya kepala udang goreng! busyet deh..bayar 59,5K hanya untuk makan kepala udang..hiks..hiks.. Kalo udang goreng tepung ya rasanya standar enak, apalagi di sini udangnya tergolong agak besar sehingga lebih nikmat. Kalo masakan laut sebetulnya kuncinya terletak pada kesegaran dagingnya, kalo dagingnya segar dibakar tanpa bumbu pun sudah memberikan kenikmatan yang tiada tara.

katjapiring1

Kemudian hidangan yang tidak kalah heboh adalah mie goreng ala mamak, yang ketika dicicipi itu seperti mencampur mie goreng dengan bumbu gado-gado (bukan pecel ataupun urap ya!). Mie goreng yang masih lembut dicampur dengan bumbu gado-gado, kemudian diberi kol rebus dan jeruk. Rasanya gimana? seperti makan gado-gado! Rasa mie goreng sudah hilang tak berbekas kalah dengan rasa saos gado-gadonya. Salah pilih menu kalo kata saya, karena saya ngga bisa menikmati apapun dari mie goreng tersebut selain rasa asam, manis, dan gurih. Saya tidak bisa menikmati aroma mie goreng yang dimasak bercampur dengan daging-dagingnya.

katjapiring3

Untung menu masih diselamatkan oleh menu ayam peranakan saos mangga. Potongan ayam (bukan filate) yang digoreng tepung kemudian disiram saus dan diberi irisan mangga muda. Saosnya sendiri sebetulnya sudah agak asam, manis, dan pedas. Dan untuk menambah kesegaran ditambahkan irisan mangga muda yang semakin menggoda. Kalo ini bolehlah dicoba karena rasa gurih dari ayam goreng bercampur dengan manis, asam, dan pedas dari saos yang dibungkus kesegaran mangga muda. Ketika saya makan ayamnya, saya mencium bau yang mirip dengan kecombrang yang biasa digunakan untuk pecel. Ntah itu bau dari saosnya atau mangganya, tapi wanginya sangat menggoda. Saya merekomendasikan menu ini jika anda suka rasa asam🙂

katjapiring2

Terakhir yakni sup buntut, ngga ada yang berbeda dengan sup buntut yang biasa karena memang sup buntut ya gitu-gitu aja. Tetapi yang kami pesan dagingnya dibakar dulu sehingga lebih nikmat. Dagingnya pas, tidak terlalu lunak dan keras, serta agak sedikit manis.  Ini juga menu yang saya rekomendasikan kalo anda suka sup buntut. Namun rasanya rugi aja kalo makan di sini dan pesan sup buntut karena masih banyak varian menu yang lainnya. Interior memang lumayan mewah, kalo pake kartu kredit Mandiri dapet potongan 30% & pake kartu kredit Bukopin dapet potongan 50%. Oya, porsi menu juga lumayan banyak. Saya dan Mawa kalap memilih banyak menu karena biasanya isinya sedikit, tapi di sini ternyata cukup banyak, begitu pula dengan nasi putihnya.

katjapiring4

Jadi, kalo punya uang berlebih dan ingin merasakan masakan yang berbeda, resto ini boleh jadi tujuan. Harga makanannya cukup mahal antara 30rb – 60rb / menu. Nasi putih aja 8rb/piring tapi bisa nambah sepuasnya🙂 Tapi kalo pengen kencan atau kongkow, tempat ini masih kurang pas karena menunya ngga temporer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s