Menguji Sidang Tugas Akhir

Hari ini saya menguji sidang tugas akhir, setelah kemarin menguji 3 orang mahasiswa. Sebetulnya jadwal menguji itu seminggu, tapi saya memang minta dijadikan satu / dua hari full daripada tiap hari tapi hanya satu karena lebih menyita waktu. Ternyata menguji sidang tugas akhir berturut-turut itu memang melelahkan. Lelah kalo saya lebih dikarenakan saya harus mengganti topik penelitian sesuai mahasiswa yang akan melaksanakan sidang akhir. Seandainya topiknya linear atau masih berdekatan sih tidak terlalu menjadi masalah, akan tetapi kalo saya menguji tiga mahasiswa dengan tiga topik yang berbeda itu baru menjadi masalah. Saya harus meminta otak untuk berpikir ulang dan mengeluarkan berbagai macam pengetahuan mengenai topik terkait.

Kemarin saya harus menguji tugas akhir mahasiswa dengan topik pengolahan citra+JST, algoritma greedy, dan terakhir logika samar. Fiuhhh,,ternyata capek juga berganti topik tersebut. Padahal ya hanya menguji, menanyakan seputar teori dasar yang mereka gunakan untuk membuat tugas akhirnya, kegunaan, atau metode yang dipakai. Sebenarnya diuji itu tidak sama dengan dibantaišŸ˜€ tetapi memang terkadang ada dosen yang sangat tertarik dengan topik penelitian seorang mahasiswa sehingga banyak bertanya. Terkadang dosen juga bertanya bukan karena sudah mengerti, tetapi karena belum mengerti. Seperti saya pernah diberi tugas untuk menguji tugas akhir dengan topik telekomunikasi, femtocell, saya cukup banyak bertanya hal-hal dasar karena topik tersebut memang bukan bidang saya.

Idealnya sih tugas akhir memang diuji oleh dosen-dosen yang kompetensinya linear / beririsan dengan topik tugas akhir mahasiswanya, tapi kalo dosen yang memiliki kompetensi yang sama itu terbatas ya mau ngga mau dosen yang lain ikut menguji. Saya sih mengambil sisi positifnya saja, saya jadi belajar sedikit hal yang baru. Dari menguji saya tahu bagaimana kualitas tugas akhir mahasiswa, biasanya mahasiswa yang memang menguasai topiknya percaya diri dalam menjawab setiap pertanyaan. Jadi saya selalu berpesan terhadap mahasiswa mulailah belajar untuk menguasai kompetensi yang diinginkan sebelum mengambil tugas akhir sehingga tugas akhir akan berjalan dengan lancar dan mulus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s