Rasanya move on to deadline…

Akhirnya, Jumat lalu tuntas sudah deadline yang harus saya penuhi, yakni dokumen tesis. Satu minggu yang menguras tenaga dan pikiran, serta mengganggu waktu tidur dan kesenangan pribadi..gimana kalo mau senyum tiap kali berpikir selalu tesis saja yang muncul. Kenapa sih tesis itu penting banget?? jawabnya satu kalo saya, soalnya saya harus bayar sendiri kalo ga bisa sidang bulan depan! emang berapa sih? ya cuma sekitar 2-3 jutaan kalo mau sidang di semester berikutnya. Tapi kan lumayan uangnya bisa buat beli Nexus 7๐Ÿ˜€ Kenapa kalo ngomongin soal deadline, baik tugas akhir, tesis, disertasi, tubes, laporan kantor, dll, itu selalu yang terbayang adalah bahwa kita akan lembur minimal 24 jam sebelumnya? apakah memang seperti itu?

Sebetulnya sih ngga, tapi karena di dalam memory otak kita sudah tertanam bahwa yang namanya deadline itu 48 jam harus mulai dikerjakan akhirnya ya seperti itulah. Jadi dengan bangga kita bisa bilang, “gila,,gw 2 hari ga tidur buat ngerjain laporan ini!” Biar ada cerita juga sih bagaimana kita bisa setangguh Bandung Bandawasa yang hampir membangun candi prambanan dalam 24 jam. Sebetulnya saya sudah menyiapkan satu minggu lebih buat mematangkan laporan, 1 minggu sebelum deadline, laporan individu saya sudah jadi. Masalahnya, tesis saya itu berkelompok. Saya sebagai ketua kelompok harus merangkum hasil laporan individu teman-teman menjadi satu dokumen, membuat poster, dsb. Ga masalah kan kalo berkelompok? ga masalah sih, cuman yang jadi masalah nampaknya teman-teman tidak sevisi dengan saya. Saya baru dapat data terakhir dari teman-teman itu 24 jam sebelum deadline!๐Ÿ˜ฆ kebayang kan bahwa saya harus lembur mengerjakan sisa laporan dalam 24 jam terakhir karena data baru terkumpul padahal saya minta data terakhir dari mereka itu 48 jam sebelum deadline.

Ketika mulai stress, biasanya saya sariawan. Gejala yang lumrah saya kenali, karena pasti ga sembuh walau sudah minum obat sariawan. Sembuhnya kapan kalo gitu? ya kalo udah ngga stress lagi๐Ÿ˜€ Terkadang jengkel juga sama yang namanya deadliner, mending kalo ngga berhubungan dengan orang lain, kasihan juga kan sama yang sudah siap tapi ternyata mentok karena yang lain belum siap. Saya tadinya berniat menyisakan 1 hari untuk merevisi semua pekerjaan, termasuk punya saya dan teman-teman, tapi akhirnya ga sempat karena itu tadi. Tapi.. yang terpenting semua sudah terlewati. Hari kemaren akhirnya kelompok saya berhasil mengumpulkan semua dokumen yang dibutuhkan.

Ada kejadian menarik, kami seharusnya mempersiapkan poster tesis ukuran x-banner. Teman-teman baru mulai ngeprint poster pada saat hari H. Nah, ada satu kelompok yang posternya itu bukan kertas indoor, tapi outdoor! hahahaha… ngakak saya diceritainnya.. Jadi teman saya itu mau ngeprint 3 buah poster, dia bertanya pada percetakan jam berapa posternya bisa selesai, dijawablah bahwa hari berikutnya posternya bisa selesai. Karena deadline sudah di depan mata, teman saya bertanya ada ngga yang cepat, dan ternyata ada, tapi outdoor printing! yang semeternya cuma 15rb perak. Ngga sampe 15 menit poster udah jadi, udah gitu harganya dipotong lagi, yang harusnya bayar 45rb cuma jadi 35rb perak. Ketika poster dibuka,,tadaaaa!!! kami semua yang melihatnya tertawa ngakak karena gambarnya burem banget dan bahannya seperti yang dipake jadi spanduk di warung-warung PKL gitu :)) asli itu gambarnya burem pisan, jadi kontennya ga keliatan apa-apa. Lalu temen saya itu diledek, bahwa mungkin potongan harga itu dikasih gara-gara gambarnya burem pisan, ga keliatan apa pun!๐Ÿ˜€

Hari itu memang jadi hari yang menarik, banyak temen lari-lari karena sudah hampir jam 5 sore dan dokumen belum dikumpulkan. Pokoknya semua cerita ada saat itu, dari yang mengumpulkan sampai yang nampaknya belum mengumpulkan. Tapi yang terpenting adalah bahwa kami semua bisa menutup hari deadline itu dengan senyuman, karena berhasil melewatinya, entah baik atau ngga yang penting lewat dulu..

Leave a Reply

