Kenang-kenangan mahasiswa

Salah satu hal yang paling menyenangkan selama menjadi dosen adalah diberi kenang-kenangan oleh mahasiswa setelah mereka lulus. Memang tidak semua memberi, tapi hingga sekarang saya telah diberi kenang-kenangan oleh tiga orang mahasiswi bimbingan saya. Bagaimana rasanya diberi kenang-kenangan? ya pasti sangat senang😀 Saya tidak pernah menyangka bahwa saya akan diberi kenang-kenangan, apa yang saya lakukan semata-mata karena saya memang menyukainya, saya senang membimbing mahasiswa/i dengan berbagai kemampuannya. Memang selalu ada mahasiswa yang cepat dan yang lama, tapi itu tidak terlalu menjadi masalah.

Bagaimana saya membimbing memang tidak terlepas dari bagaimana dosen-dosen saya dulu membimbing saya. Dulu pernah ada dosen pembimbing saya menyempatkan diri datang dari Magelang ke Jogja hanya untuk menandatangani berkas ujian saya! Kemudian ada juga dosen saya yang ketua jurusan tetapi sangat welcome terhadap mahasiswanya, ketika mau bimbingan sms juga dibalas dan beliau selalu menyempatkan diri di luar kesibukannya untuk bertemu dengan saya. Dan yang terakhir ibu dosen yang sangat baik. Biasanya beliau meminta saya bimbingan di rumahnya🙂 Karena dosen-dosen pembimbing saya juga sangat baik, apa ada alasan bagi saya untuk tidak memperlakukan anak bimbingan saya sebagaimana dosen saya memperlakukan saya dulu?

Kalo melihat ada dosen yang keras, suka menolak mahasiswa, dan pemarah, mungkin dosen tersebut selama kuliah juga mengalami hal yang tidak enak dari dosennya terdahulu sehingga sekarang dia melakukan ke mahasiswanya apa yang dia alami terdahulu. Terkadang ya sayang aja,, kalo dosen meminta mahasiswa untuk sms dulu sebelum bimbingan biasanya mahasiswa juga nurut, kalo dosen menyediakan waktu khusus untuk bimbingan biasanya mahasiswa juga hanya datang di waktu itu. Makanya mungkin kalo ada mahasiswa ditolak dosen bisa jadi mahasiswanya memang tidak mengikuti aturannya dosen, atau dosennya aja yang bikin aturan ngga jelas😀

 

3 thoughts on “Kenang-kenangan mahasiswa

Leave a Reply

