Menikmati seafood enak di Bali

IMG_5653

Pernah makan kerang hijau yang sebesar kit-kat kecil? Kira-kira berapa harga yang harus dibayar untuk membeli kerang hijau yang besar-besar tersebut? Pada saat jalan-jalan ke Bali beberapa waktu yang lalu, saya dan Mawa memutuskan untuk makan seafood di pasar ikan. Mengapa tidak di restoran atau di cafe? alasannya simpel, mahal untuk porsi yang tidak terlalu banyak😀 kalo makan seafood di restoran kita lebih banyak membayar untuk suasananya, bukan rasanya. Kalo seafood itu dimasak saus tiram, saus padang, atau hanya dibakar rasanya tidak berbeda antara restoran maupun cafe. Sungguh..

Pasar ikan yang terkenal di daerah Bali adalah pasar ikan di daerah Kedonganan. Kedonganan ini akan dilalui ketika kita akan menuju Jimbaran. Memang tidak ada plang yang menunjukkan arah ke pasar ikan, akan tetapi jika ingin ke pasar Kedonganan, kita harus berbelok ke arah kanan setelah melihat semacam prasasti yang bertuliskan “Selamat Datang di Desa Adat Kedonganan”. Kita tinggal mengikuti jalan saja, kemudian masuk ke deretan ruko-ruko sebelum masuk ke dalam pasar ikan. Pasar ikan ini memang letaknya agak terpencil, tidak banyak orang yang datang ke sini padahal pedagangnya sangat banyak.

Kita bisa memilih berbagai macam binatang laut yang ingin kita makan dengan harga terjangkau. Contohnya kami membeli udang 1kg dengan harga 48ribu rupiah saja! Nah, kerang hijau yang besar itu ternyata 1kg-nya hanya seharga 6ribu rupiah!! Shock saya waktu mendengar bahwa ternyata harganya hanya segitu, ternyata lebih mahal kerang yang kecil.. Lalu, kalau kita belanja seafood di pasar di mana kita bisa memasaknya? makannya di mana? tenang saja, di dekat pasar ada warung terkenal untuk memasak berbagai macam seafood yang sudah kita beli dari pasar, namanya warung Pusphita.

IMG_5650

Warung Bakar Ikan Puspitha

Warung Puspitha ini menyediakan berbagai macam olahan seafood yang sudah kita beli dari pasar. Seafood bisa dibakar, atau dimasak dengan berbagai macam pilihan saus, seperti saus tiram, saus padang, saus asam manis, dsb. Nah, harga masaknya itu dihitung per kilogram. Kalo mau dimasak dengan saus, maka harganya Rp 35.000/kg. Kalo kita mau masak 1/2kg harganya Rp 20.000. Sementara untuk bakaran harganya cukup murah, hanya Rp 13.000 – Rp 15.000 untuk semua jenis ikan/kerang. Pemiliknya sangat ramah dan baik. Kami menyerahkan kerang hijau untuk dibakar dan udang untuk dimasak saus asam manis.

Udang asam manis

Udang asam manisnya sangat yummy! begitu pula dengan kerang bakarnya, sangat enak dengan dua macam sambal yang pedas😀 Saus asam manisnya sangat pas takaran manis, asam, serta pedasnya. Apalagi kalo makannya banyak, 1/2kg udang..hahaha.. tadinya mau beli 1kg tapi Mawa alergi terhadap udang jadinya beli 1/2kg saja. Ngga percuma kalo makan di sini. Memang kalo dihitung, jadi agak mahal sedikit tapi kan puas. Misalnya kita beli 1kg udang seharga 48rb, lalu dimasak seharga Rp 35ribu, berarti kita harus membayar 83ribu. Memang 83ribu, tapi kita makan udang satu kilogram cuy! Kalo masuk resto mana bisa kita bayar 83rb dan dapat satu kg udang saus asam manis. Pokoknya worth it-lah! Daripada makan seafood di resto, saya sarankan makan seafood di sini saja. Beli sendiri seafood di pasar ikan, lalu tinggal dimasakkin deh. Harga murah, rasa pas, dan enak buat rame-rame!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s