Babi Guling Enak di Bali

2012-12-30-12.03.32

Hari pertama di Bali setelah saya dan Mawa tiba di pesawat dijalani dengan pindah ke hotel yang sudah kami booking sebelumnya, yakni Spazzio. Harganya cukup terjangkau dengan pelayanan dan kondisi kamar yang cukup memuaskan. Hotel ini ada di daerah Jl. Dewi Sri yang katanya hanya 10 menit berjalan kaki ke Kuta, makanya kami coba untuk pesan. Tapi ternyata setelah sampai di sana, kayaknya lebih dari 10 menit kalo mau ke Kuta dari hotel karena cukup jauh. Oya, saran saya segera cari rental motor atau mobil setelah sampai di Bali supaya ngga khawatir juga mau nginep dimana. Mau yang jauh atau dekat bakal terjangkau kalo kita ada kendaraannya.

Malamnya, Mawa ingin makan Babi Guling karena sebelumnya pernah ditraktir oleh temannya yang asli dari Bali. Akhirnya kami meluncur ke tempat makan Babi Guling yang terkenal di Bali, yakni Babi Guling Chandra. Letaknya ada di Jl. Teuku Umar. Memang sih, tempatnya sangat ramai dan banyak banget orang luar Bali yang makan di sana. Mawa memesan Babi Guling Spesial, sedangkan saya memesan daging babi, kami minum teh tawar. Tidak lama kemudian pesanan kami datang😀 Saya mencicipi pesanan Mawa, tapi rasanya tidak terlalu berbeda dengan yang kami makan di Jogja. Bahkan kata si Mawa masih lebih enak yang di Jogja. Sementara saya hanya makan daging tawar😦 bener-bener sih full daging tapi ketika makan kami jadi takut dengan harganya, karena pasti sangat mahal.

Babi Guling Spesial

Babi Guling Spesial

Selesai makan, kami pun menuju ke kasir. Benar dugaan kami, harga Babi Gulingnya tidak terlalu mahal hanya Rp 30.000. Tetapi harga daging babinya yang mencekik leher, Rp 50.000! Belum lagi harga teh tawarnya yang tidak kalah fantastis, Rp 4.000! wow..harus koprol nih! padahal di Bandung teh tawar itu gratiss… Jadilah kami habis Rp 88.000 untuk makan babi guling..hiks..hiks..

Beberapa hari kemudian kami berdua pergi ke Kintamani, sebelumnya kami ingin mencari sate kakul di daerah Ahmad Yani tapi katanya penjualnya sudah tidak berjualan lagi. Karena sudah siang dan sudah lapar, kami memutuskan untuk makan siang. Mawa masih ingin babi guling, jadi kami mencari satu warung biasa di pinggir jalan yang menjual babi guling. Tempatnya biasa, tidak terlalu ramai. Mawa memesan satu porsi babi guling dan saya memesan satu porsi siobak. Siobak yang enak katanya berada di Singaraja, tapi karena malas ke sana akhirnya saya nyobain yang di sini saja. Siobak itu berisi usus babi, daging babi, dan kerupuk kulit yang disiram dengan saus ambokueh dan diberi potongan timun di atasnya. Kenapa saya bilang saus ambokueh? karena rasanya memang sangat mirip sekali😀

Siobak

Siobak

Tempat memang beda, tapi citarasanya..hmmm..tidak kalah dengan babi guling Chandra yang beberapa waktu yang lalu kami makan. Dagingnya terasa empuk, lemaknya juga keras tidak lembut, seperti yang dimasak oleh orang Tionghoa. Lawar + satenya juga nikmat. Siobaknya? nikmat dengan porsi yang besar!😀 Ketika saya perhatikan banyak orang Bali yang beli juga di sini untuk dibungkus. Berarti citarasanya mungkin sesuai dengan lidah orang Bali, dan harganya memang murah meriah. Satu porsi babi guling dan satu porsi siobak masing-masing hanya Rp 15.000. Murah sekali bukan?? Dengan harga satu porsi babi guling di Chandra kita bisa mendapat dua porsi makanan di sini.

Warung Babi Guling Mawar

Warung Babi Guling Mawar

Saya ingin mengatakan bahwa tempat makan di Bali itu semuanya enak! mau yang mahal atau murah, kalo kita makan masakan Bali pasti semuanya enak! Beneran! Tadinya saya berpikir kalo yang terkenal pasti enak, tapi ternyata tidak juga. Mahalnya mah iya, tapi enaknya belum tentu🙂 rasanya bisa jadi sama dengan warung-warung yang biasa bahkan kalah enak dengan harga yang lebih terjangkau. Babi Guling Mawar ini juga salah satu tradeof dari warung babi guling yang enak di Bali. Turis sih emang taunya Chandra yang enak, tapi kalo diperhatikan baik-baik rasanya tidak ada orang Bali yang makan di situ. Kemungkinannya cuma dua tadi, ya kalo tidak di harga ya di citarasa. Saran saya, ga usah harus ke tempat yang sudah terkenal kalo mau mencoba masakan Bali. Warung-warung yang biasa juga menyediakan cita rasa yang sama dengan harga yang lebih terjangkau.

 

6 thoughts on “Babi Guling Enak di Bali

  1. Di jalan sunset road seminyak kuta tepatnya di pasar yoga sedana juga ada babi guling yg unik, dengan rasa ” desa kerobokan “. Tempatnya bersih dan parkirnya cukup luas. Letaknya bersebelahan dgn wahaha pork rib. Patut dicoba… lumayan murah utk wilayah seminyak & sekitarnya.

  2. Warung Babi Guling “ADI” patut di coba neh. Pas lewat jalan sunset road seminyak di depan pasar Yoga Sedana, ada Waruns BG tuh… Tempatnya lumayan luas , parkirnya pun luas . Rasanya lumayan gurih , mild gt… murah pula, mungkin karena buat masyarakat sekitar alias lokalan bukan turis , so cobain aja brow…

  3. Porsi babi guling ato nasi babi klo di denpasar atau dekay perumahan lokal bali standardny 10rb samp 15rb, kita bs memesan sesuai brp yg kita mau, sudah lengkap variasi babinya disatu paket,..klo di tempat yg terkenal macam babi guling chandra dkk bs dijual seharga minim 30rb, saran sy coba sj macam2 nasi campur bali, masing2 warga bali punya bumbu sendiri2, yg saya rekomend di sunset road adalah pak malen

    • Iya, betul. Kalau sudah di tempat yang terkenal mahal padahal rasa 11-12 sama yang di tempat biasa ( ngga terkenal ). Pak Malen belum pernah coba, nanti kalo ke Bali lagi saya coba. Makasih rekomendasinya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s