Mengajar..mengajar..

Tidak terasa sudah 1,5 tahun saya menjadi pengajar dengan suka dan dukanya. Saya sudah mengajar 6 mata kuliah yang berbeda dalam selama ini! rasanya sudah menjadi rekor untuk seorang dosen baru🙂 Dan dari hasil ngajar 6 mata kuliah itu tidak semuanya berhasil dengan baik. Biasanya yang berhasil dengan baik itu yang sesuai dengan bidang yang saya geluti & minati. Tapi ya itu, berhubung pengajar baru saya tidak bisa memilih mata kuliah sesuka saya. Berhubung kelas yang dibuka tidak banyak dan sudah ada dosen senior yang sudah biasa ngajar matakuliah itu jadinya pengajar junior seperti saya masih harus mengajar materi yang terkadang tidak saya kuasai maupun sukai😦

Memang paling enak mengajar sesuai bidang yang kita kuasai atau kita geluti selama ini. Saya sendiri bisa bercerita banyak kepada mahasiswa saat mengajar bidang yang saya geluti. Cuman yang jadi masalah, apakah saya terlalu cepat berbicara atau terlalu banyak bercerita hal di luar mata kuliah atau terlalu banyak menyampaikan materi pada saat perkuliahan ya? rasanya mahasiswa tidak terlalu paham dengan apa yang saya sampaikan. Apalagi kalo yang diajar masih mahasiswa tingkat awal, rasanya mereka masih belum bisa paham kalo diceritain yang macem-macem.

Kalo gitu rasanya harus cari cerita lain yang cocok dengan style mahasiswa tingkat awal nih..

Leave a Reply

