Gamechanics Today

Hari ini ada workshop Gamechanics yang diadakan sama STEI ITB dengan tema design happiness. Saya sendiri tidak mengikuti rundown acaranya dari pagi karena ada evaluasi mata kuliah. Siang baru saya ikuti acaranya karena berkaitan dengan presentasi topik tesis yang saya ambil. Ceritanya tiap kelompok tesis disuruh membuat poster tentang apa yang mereka kerjakan. Jadilah saya berdiri disamping poster dan bercerita kepada orang-orang yang datang dan bertanya🙂 asyik juga karena saya mendapat banyak masukan mengenai apa yang harus saya lakukan dan terutama bagaimana cara memanajemen waktu sehubungan saya pula yang menjadi koordinator untuk tesis ini.

Selesai sesi poster, acara berlanjut ke demo prototipe. Keren – keren juga prototipe yang sudah dibuat. Ada yang rasanya baru kemarin belajar kinect tapi sudah bisa membuat sesuatu yang menarik. Kalo saya sendiri belum banyak hal yang bisa didemokan, baru face detector & pedestrian detector. Saat prototipe sebenarnya periode penjurian karena dari kelompok tesis yang ada akan dipilih 3 kelompok untuk presentasi. Tak disangka ternyata kelompok saya menjadi salah satu kelompok yang diminta untuk presentasi! Padahal kelompok saya tidak menyiapkan apapun karena merasa belum siap jadi tidak membuat presentasi apapun.

Sesi presentasi dimulai sekitar pukul 14.00, dengan empat kelompok yang presentasi..saya menduga kelompok saya itu dapet slot tambahan untuk presentasi😀 Semuanya keren-keren. Presentasi dibuka pertama kali oleh kelompok beatMe yang memainkan berbagai macam instrumen secara terpisah lewat tablet.

Group BeatMe

Setelah itu dilanjutkan dengan kelompok kedua, Digital Museum yang membuat environment untuk pengunjung yang akan masuk ke dalam museum. Mereka presentasi dengan sangat bagus, menyiapkan animasi flash dan sudah ada demonya dengan kinect.

Digital Musem Group

Lalu tibalah giliran kelompok saya dan kelompok terakhir. Sebenarnya sangat disayangkan karena banyak orang-orang yang hadir di situ, akan tetapi belum ada yang bisa saya demokan😦 jadi masih hanya bicara sebatas ide, padahal kalo saja saya menyiapkan konsep produknya pasti interaksi akan menjadi lebih menarik. Overall, acara ini sangat menarik karena menambah wawasan dan relasi baru. Semoga ke depannya semakin banyak acara-acara seperti ini🙂

Oya, tadi sempat berbincang dengan pak Pri, salah satu tamu undangan yang ada di acara ini. Beliau sempat menanyakan kepada saya, setelah lulus nanti apakah mau bisnis atau mengajar? Saya menjawab bahwa saya mau berbisnis. Beliau menekankan supaya saya membuat dulu prototipe produk yang diinginkan karena dari situlah terlihat visibility dari cost yang dikeluarkan untuk biaya development.

Leave a Reply

