Kesederhanaan itu pilihan

Pada era sekarang, kalo kita berbicara dengan bahasa yang sederhana ada yang menganggap bahwa kita adalah orang yang kuper. Kalo kita pergi ke tempat yang mewah hanya dengan pakaian yang biasa tetapi rapi kita bisa dianggap sebagai orang yang tidak berada. Kalo kita berkenalan dengan orang lain dan kita tidak memakai bl*ckberry maka kita dianggap ketinggalan teknologi. Saya rasa masih banyak lagi hal-hal biasa yang karena tidak sesuai dengan apa yang sedang `in` pada masa kini maka dianggap sebagai sesuatu yang kampungan, aneh, dan konyol. Salah satunya mungkin kesederhanaan.

Di tengah gerusan budaya dan teknologi, serta pergeseran nilai-nilai kehidupan membuat kesederhanaan itu menjadi sesuatu yang dianggap rendah. Orang yang sederhana itu adalah orang yang ngga punya, orang yang sederhana itu orang yang ngga gitu pinter, orang yang sederhana itu orang yang ngga bisa apa-apa. Nampaknya itulah yang sekarang dipikirkan ketika kita menyebut kesederhanaan. Namun, mengapa tetap saja ada orang yang sederhana? kalo jawaban saya, karena kesederhanaan itu sebuah pilihan… Kita mungkin pernah membaca cerita bagaimana universitas Standford dibangun oleh dua orang tua yang sederhana (walau saya tidak tahu apakah cerita ini sungguh nyata), bagaimana seorang Warren Buffett menyumbangkan 85% sahamnya untuk Gates Foundation, dan berbagai orang kaya lain yang tetap hidup dengan sederhana walau sudah menjadi orang yang sangat kaya.

Mengapa kekayaan yang berlimpah ruah itu tidak mengubah gaya hidup mereka? karena kesederhanaan adalah pilihan mereka🙂 Kebahagiaan tidak didapat dengan hanya menimbun dan memamerkan segala sesuatu, kebahagiaan juga didapat dengan memberi. Dan saya juga ingin menjadi orang yang sangat kaya, mengapa? supaya saya juga bisa memberi lebih banyak..

 

One thought on “Kesederhanaan itu pilihan

  1. Pingback: ‘Radio Galau FM’, potret pergaulan pemuda masa kini | inspirasi.me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s