Menjadi dosen wali

Awal perkuliahan semester baru di kampus selatan dimulai dengan saya menjadi dosen wali bagi anak – anak angkatan 2012. Sangat menyenangkan bertemu dengan anak – anak baru, sebenarnya kemarin saya membawa kamera tetapi saya lupa untuk mengeluarkannya. Banyakgairah dan semangat baru yang dibawa oleh anak – anak baru sehingga saya pun lebih merasa semangat untuk melakukan banyak hal. Memang benar bahwa lingkungan memberi pengaruh terhadap kehidupan kita. Apabila kita berada dalam lingkungan yang semangat, maka kita akan merasa semangat juga. Jika kita berada di sekitar orang yang cerdas, maka kita akan merasa cerdas juga. Tapi jika kita berada dalam lingkungan yang kurang bersemangat, ya kita harus bisa menjadi api penyemangat bagi mereka.

Salah satu pesan penting yang saya sampaikan sih supaya mereka menjadi mahasiswa yang gaul. Tidak hanya taunya kampus, tempat makan, dan kost. Saya menyampaikan bahwa banyak tempat menarik di Bandung yang dapat dikunjungi, banyak aneka kuliner yang layak dicoba dan disantap. Kok mahasiswanya malah suruh banyak jalan – jalan? hehehe.. bukannya suruh jalan – jalan melulu, tugas utama mereka tetap belajar tapi saya meminta mereka meluangkan waktu untuk keluar dari zona keseharian mereka dan mulai melihat aktivitas kota Bandung beserta masyarakatnya. Ilmu formal memang bisa didapat di bangku perkuliahan, tetapi ilmu tentang budaya, kearifan lokal hanya bisa didapat dengan kita jalan – jalan, kita bergaul dengan orang lain.

Semoga anak – anak tetap menyempatkan waktu untuk memperbaharui pengalaman dalam bersosialisasi & mempelajari beragam budaya serta kearifan lokal. Dan mereka kemarin saya beri pekerjaan rumah, “Apa bebek goreng paling enak di Bandung?”. Semoga mereka menemukannya🙂

2 thoughts on “Menjadi dosen wali

Leave a Reply

