Mobil Listrik Indonesia

Belakangan ini santer terdengar berbagai perguruan tinggi di Indonesia melakukan riset dan membuat prototipe mobil listrik. Bahkan pak menteri BUMN bersemangat untuk memproduksinya di tahun 2013 jika tidak ada kendala dengan menggandeng berbagai macam perusahaan negara. Rapat pembahasan mengenai mobil listrik ini pun tak tanggung – tanggung langsung dipimpin oleh bapak negara kita. Tapi apakah sesungguhnya kita sudah siap beralih dari kendaraan biasa ke mobil listrik?

Jangan sampai proyek nasional ini ternyata hanya menjadi sesuatu untuk mengklaim sebuah kesuksesan dari sebuah masa jabatan. Kalo saya melihatnya cukup tergesa – gesa, padahal banyak aspek yang harus dipikirkan yang tidak hanya sekedar membuat sebuah produk. Biasanya dibutuhkan waktu bertahun – tahun untuk meneliti dan mengetest sampai akhirnya sebuah produk dilepas ke pasar. Indonesia adalah negara yang sangat besar dengan berbagai macam kontur dan topografi daerah yang beragam. Apakah mobil listrik sudah sanggup untuk mengakomodasi itu? Kemudian bagaimana nanti dengan penjualan spare-part? bengkel servisnya? siapa dealer yang mau menjual? itu juga rasanya harus dipikirkan. Seandainya mobil listrik memang jadi diproduksi, saya hanya berharap supaya mobil listrik buatan kita itu tidak hanya `mangkrak` karena tidak laku untuk dijual seperti mobil Timor dahulu.

Saya pikir lebih baik pemerintah menggelontorkan dana untuk melakukan riset dan prototyping di bidang industri otomotif sehingga nantinya ada di Indonesia perusahaan otomotif yang mampu bersaing dengan perusahaan serupa dari Jepang, Korea, Jerman, Perancis, serta Amerika. Saya yakin orang Indonesia masih mau untuk membeli produk dalam negeri asalkan memang benar – benar berkualitas dan bermanfaat bagi mereka.

NB : gambar diambil dari sini.

One thought on “Mobil Listrik Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s