Kebebasan itu aneh

Iklan itu lumayan menggelitik, sama seperti poster yang tadi pagi saya lihat ketika akan melewati jembatan layang pasupati dari arah jalan Djundjunan. Salah satu kalimat yang menarik adalah “katanya aku bebas berekspresi, tapi selama rok masih dibawah lutut..hehehe.. iseng juga ini..

Kalo gitu apakah kalo posisi roknya kebetulan seperti ini juga bisa dianggap sebagai sebuah kebebasan?

Saya hanya pernah ingat kata – kata guru PPKn saya dulu waktu masih sekolah dulu. Bahwa pada dasarnya ketika kita berusaha untuk mendapatkan hak yang kita inginkan pasti kita mengambil hak orang lain juga. Begitu juga saya pikir tentang kebebasan, ketika saya mencoba untuk melakukan kebebasan yang saya inginkan pasti saya akan mengambil kebebasan milik orang lain juga kan? Contohnya : kalo kita berkendara di jalan raya secara bebas, sekehendak hati kita, ngebut dan belok kanan kiri maka kita juga mengambil kebebasan para pengendara lain yang ada di jalan.

Saya pikir bebas itu boleh tapi tetap dengan aturan. Karena tanpa aturan kebebasan itu akhirnya menjadi sesuatu yang menjemukan dan menjenuhkan. Bayangkan saja kalo dunia ini adalah dunia kebebasan tanpa aturan, apakah yang akan terjadi? tetap saja akan muncul aturan sendiri tanpa tertulis, yakni hukum rimba..nah lo.. Namun, perkara menyusun aturan itu memang jadi problem tersendiri karena menyangkut banyak hal dan kepentingan. Inilah yang selalu tidak mudah, bagaimana mengayomi berbagai macam kepentingan yang ada di setiap individu sesuai latar budayanya masing – masing.

Lalu, bagaimanakah anda memandang kebebasan?

Gambar diambil dari sini.

2 thoughts on “Kebebasan itu aneh

Leave a Reply

