Perubahan Itu Perlu

Saya menghabiskan banyak waktu di Jogja, hampir sekitar 6 tahun berada di sana🙂 kota yang memang sangat nyaman untuk ditempati walau sekarang sudah banyak kendaraan bermotor, macet, panas, dan harga makanan tidak lagi murah. Saya juga mengalami kuliah di MIPA dan Teknik Elektro di salah satu PTN tertua di Indonesia. Kemudian sekitar akhir tahun 2010, saya pindah kerja di Bandung karena diterima sebagai pengajar di salah satu PTS di Bandung. Dan baru awal tahun ini saya melanjutkan studi lanjut di sebuah PTN yang sangat terkenal di kota Bandung.

Berangkat dari Jogja ke Bandung ternyata menambah banyak sekali wawasan dan pandangan baru. Di Jogja saya melihat interaksi antara dosen-mahasiswa itu sangat formal. Dosen memang sangat disegani di kampus. Saya pun sangat menghormati dosen – dosen yang ada. Di MIPA, saya mendapat dosen wali yang sangat kaku dan sok pemarah. Jadi interaksi dan bercakap – cakap hanya seperlunya saja. Kalo ditelepon tidak pernah diangkat, apalagi yang menelepon mahasiswa🙂 tapi tetap ada yang baik, bahkan sangat baik sekali. Pernah ada yang pulang pergi sekitar 3 jam hanya untuk menandatangani tugas akhir saya sehingga saya bisa ikut ujian. Ngga terbayang kan ada dosen seperti itu?? Lain di MIPA, lain pula di Teknik Elektro. Sekali lagi saya bertemu dengan dosen – dosen yang variatif. Ada yang kaku dan serius, sangat – sangat kaku dan saya bermasalah dengan beliau. Sampai ada yang baik, penyabar, bisa diajak curhat, dan mau membantu memberikan solusi. Namun di Elektro, dosennya rata – rata lebih dekat dengan mahasiswa dan akrab. Bahkan Ketua Jurusan yang jadi dosen pembimbing saya juga orangnya mudah ditemui, mudah diajak berkomunikasi, dan mau membalas SMS🙂

Tadinya saya berpikir bahwa dosen yang tipikalnya seperti itu, tetap menjaga jarak dengan mahasiswanya. Namun, pandangan itu berubah ketika saya menjalani hari – hari sebagai dosen di PTS yang baru ini. Di sini dosen dengan mahasiswa sangat akrab (mungkin karena swasta juga), dosen mudah ditemui, mau membantu dan memberikan solusi bagi para mahasiswanya. Cukup menyulitkan juga di awal – awal, untuk bisa mengatur ritme yang seperti ini. Dimana dulu dosen memberikan gap dan sekarang harus membaur dengan para mahasiswa. Dan di awal tahun ini, saya lebih terkejut lagi karena di PTN yang paling terkenal di Bandung ini, ternyata dosennya sangat dekat dengan mahasiswanya! Ini saya hanya melihat dari prodi tempat saya bernaung. Dosen mudah sekali diajak ngobrol dan berdiskusi dengan mahasiswa, mudah untuk ditemui kapanpun dan dimanapun. Rasanya tidak ada gap yang sangat lebar antara dosen dengan mahasiswa, tetapi mahasiswa tetap sangat menghormati dosennya.

Berangkat dari hal itu, akhirnya saya mulai melakukan cara yang sama. Saya mulai lebih membuka diri lagi terhadap mahasiswa saya, yang tadinya tidak terlalu banyak berkomunikasi dan jaim sekarang sudah mulai saya hilangkan. Saya rasa memang harus seperti itu, dosen dekat dengan mahasiswa. Tidak harus terlalu memberi jarak, tatapan galak, kata – kata keras, bahkan cool. Rasanya itu semua harus dihilangkan. Untungnya saya selalu mendapat / berkenalan dengan dosen – dosen yang sangat baik, sehingga saya juga mendapat contoh yang baik – baik🙂 dan saya berharap bahwa dosen – dosen saya yang ada di Jogja suatu saat juga berubah. Tiba – tiba saya mendambakan bahwa tempat kuliah saya yang dulu suasananya sama seperti tempat kuliah saya yang sekarang🙂

2 thoughts on “Perubahan Itu Perlu

  1. Saya salah satu mahasiswa PTS yang ada di Bandung😀
    Ya, saya akui. Rata-rata memang mahasiswa dekat dengan dosennya. Kalo saya kasih persentasi, lebih dari 50% pastinya. Dan saya liat, dosen juga punya nilai plus kalo dekat sama mahasiswa. Maksudnya, dosen bisa menilai secara objektif ke mahasiswa nya. Gacuma sekedar tatap muka dikelas yang sifatnya seperti subjektif. Begitupun sebaliknya ini nilai plus juga buat mahasiswa.

    Anyway, di bagian atas blog nya, ada tulisan : “Secorat dan secoret tulisan hidup pada dinding sebuag blog” sengajakah sebuag? atau memang salah ketik? hehehe😀

Leave a Reply

