Bingung dengan syarat beasiswa?

Mulai awal tahun ini saya mulai kuliah di ITB, lewat jalur beasiswa. Kalau dulu saya mencoba lewat beasiswa unggulan dimana saya harus mencari dan melengkapi syaratnya sendiri. Kali ini ternyata lebih mudah, karena ITB memberikan bantuan  dalam pengurusan syarat mulai dari TPA, Test EPT (semacam Toefl), hingga ujian masuk. Menyenangkan bukan? Beasiswa yang dibuka biasanya Teknik Elektro opsi Teknologi Media Digital dan Game, tapi kemarin saya bisa mengambil opsi yang lain dari beasiswa tersebut.

Okelah, cukup sudah bercerita tentang beasiswanya🙂 nanti bisa dicari atau didatangi sendiri untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut. Setelah berjalan beberapa lama, tadi saya diberitahu untuk mengisi berkas formulir Beasiswa Unggulan bersama dua orang teman saya. Tetapi saya cukup terkejut, karena salah satu teman saya bingung apakah mau mengisi formulir atau tidak. Ketika saya bertanya mengapa dia bingung, dia berkata bahwa dia takut harus membayar biaya pendidikan 2x lipat jika berhenti di tengah jalan. Memang sih ada aturan bahwa setelah 30 hari dimulai dari kuliah perdana, apabila mengundurkan diri / tidak menyelesaikan pendidikan maka wajib mengembalikan biaya 2x lipat🙂

Teman saya yang tadi itu masih gamang, bahkan rasanya dia berniat untuk mundur alasannya yang penting belum menandatangani surat pernyataan dengan dikti.. hihihihi… ada – ada saja. Padahal kalo dia mundur bukannya dia akan didenda? Dia juga keberatan dengan poin selanjutnya dalam surat pernyataan bahwa penerima beasiswa dari dikti tidak boleh menerima beasiswa dari pihak lain..hihihi lagi.. kok bisa ada yang seperti itu? dapet beasiswa juga uda  bagus ngga keluar uang lagi. Tapi kok malah pengen dapet beasiswa dari pihak lain lagi.. Terus terang saya agak heran melihat teman saya itu. Bukannya bersyukur tapi malah ngga setuju, padahal sekolahnya gratis + dapat tambahan uang saku pula! terakhir saya melihatnya menelepon orang tuanya sambil menceritakan keadaannya.. lagi lagi ada ada saja

Saya hanya berpikir, kalo memang tidak niat mengapa harus mendaftar? padahal mungkin dengan diterimanya menjadi mahasiswa menyingkirkan kesempatan orang lain yang juga sangat ingin mendapatkan beasiswa tersebut. Yahhh,,semoga saja dia lekas sadar dan segera kembali ke jalan yang benar🙂

6 thoughts on “Bingung dengan syarat beasiswa?

    • Kalo kimia ngga tau juga beasiswanya. Kalo Mega lulusan itb mungkin bisa coba beasiswa voucher. Atau kalo Mega udah kerja jadi tenaga pengajar bisa mengajukan beasiswa unggulan dari DIKTI.

Leave a Reply

