Resensi : Simfoni Luar Biasa

Sudah lama sebetulnya ingin menuliskan resensi mengenai film ini, hanya saja baru sempat dilakukan sekarang. Beberapa waktu yang lalu temen paduan suara mengajak untuk nonton bareng “Simfoni Luar Biasa”, dari judulnya kelihatan seperti judul konser ya? makanya saya tanya ke temen saya, “Apakah ini konser?” dan dia menjawab kalo ini ternyata sebuah film Indonesia.. hmm,,another Indonesian movie. Tapi karena nontonnya rame – rame akhirnya saya putuskan ikutan nonton film ini, yang berbau – bau musikal dan dibintangi oleh Christian Bautista.

Sungguh, sebenarnya ini merupakan film dengan tema yang sangat menyentuh dan emosional. Akan tetapi justru bagian yang menyentuh itu yang tidak dikerjakan. Apa hasilnya? saya terkantuk – kantuk di sepanjang pemutaran film dan terheran – heran teman di sebelah saya sangat serius dan ada yang sampai menitikkan air mata🙂 Hanya saja saya tidak punya alasan untuk menitikkan air mata di film ini, tetapi saya masih cukup merinding ketika anak – anak yang bersuara emas itu menyanyikan lagu dengan sangat baiknya.

Tema film ini sebenarnya sangat menarik untuk digarap, tentang bagaimana anak – anak autispun bisa berprestasi, bisa bernyanyi dengan sangat indah. Akan tetapi film ini tidak berbicara banyak bagaimana proses suka duka, proses belajar, menangis, tertawa, marah untuk mendidik anak – anak autis bisa bernyanyi dengan sangat indah. Padahal bagi saya itu yang sangat menyentuh emosi dan menginspirasi. Yang dilihatkan pada film ini hanya adegan – adegan stereotipe biasa, dimana anak – anak autis yang tadinya susah diajak bernyanyi tiba – tiba sudah bisa bernyanyi dengan bagus dan melakukan konser. Saya melihat beberapa film dengan tema sosial yang sederhana, bintang yang tidak terkenal akan tetapi sangat menyentuh karena tema digarap dengan sangat dalam seperti dalam film “The Freedom Writers” atau “Turtles Can Fly”.

Seandainya saja, film itu digarap dengan lebih fokus lagi. Saya rasa itu akan menjadi sebuah film yang sangat menginspirasi.

Leave a Reply

