VGA compatible controller: VIA Technologies, Inc. CN896/VN896/P4M900 [Chrome 9 HC] (rev 01)

Beberapa waktu yang lalu, saya install CentOS di laptop saya menggantikan sistem operasi lamanya (kalau yang ini jangan ditanya mengapa..hehehe). Proses instalasi berjalan dengan lancar, akan tetapi ketika boot tidak mau masuk ke dalam GUI hanya menyisakan layar hitam di depan mata. Akhirnya saya menanyakan diri di forum tetapi tetap saja belum ada jawaban, dari hasil googling saya dapatkan bahwa itu permasalahan driver tetapi saya belum tau solusinya apa.

Jadilah saya hampir satu minggu hanya bisa masuk GUI setelah booting via text mode lalu menjalankan startx secara manual. Padahal saya sudah edit mulai dari /etc/sysconfig/desktop, /etc/inittab, sampai /etc/X11/xorg.conf, dan /etc/X11/prefdm, semuanya sudah saya utak-atik dan di echo di setiap bagian akan tetapi semuanya sama tidak membuahkan hasil.

Akhirnya saya pasrah, saya googling lagi mencari permasalahan VGA VIA dan mendapat pencerahan di sini.  Jadi ternyata driver VGA saya itu tidak disupport oleh VIA tetapi oleh openchrome (anda bisa mendownload drivernya untuk xorg di sini). Selesai mendownload, kita bisa menginstallnya. Terakhir, kita tinggal mengedit bagian dari /etc/X11/xorg.conf sbb :


Section “Device”
 …
 Driver          “openchrome”
 …
 EndSection

Kita tinggal mengganti nama driver pada section Device, lalu restart komputer anda (restart service juga bisa, tapi lebih baik restart komputer..hehehe) dan booting kembali. Jika anda sukses menginstall drivernya, anda akan menjumpai halaman login CentOS anda.

Selamat mencoba😀

Leave a Reply

