Opini Gembira : dosen, dosen, dan dosen

Sewaktu kuliah memang tidak bisa lepas dari yang namanya dosen dan mata kuliah, ya iyalah.. karena dosen yang ngajar mata kuliah, kita bisa jadi pinter selepas dari bangku kuliah karena siapa? hehehe…, baik itu dosen yang enak ngajarnya atau ngga, baik yang khotbahnya sangat bagus sehingga bisa ditinggal tidur, yang gaya ngajarnya asyik, yang sering ngga ada kuliah, yang ngajarnya textbook sekali, sampai yang ngajarnya sok ditegas-tegasin😀

Pas zaman kuliah di D3 Komputer dan Sistem Informasi dulu, ada satu dosen yang sangat berkesan buatku dan selalu aku ingat sampai sekarang. Siapakah beliau?  Bapak Moh. Edi Wibowo, sekarang kabarnya sedang melanjutkan studi S3-nya di Australia mudah-mudahan segera selesai, yang orangnya retro, sopan, ramah, dan cerdas.

Saat tugas akhir dulu, aku menjadi mahasiswa bimbingannya. Aku sudah agak kenal dengan beliau karena beliau juga beberapa kali ke OmahTI, tempat nongkrongku waktu dulu🙂 Ketika pertama kali bimbingan aku ditanya mengenai topik Tugas Akhirku, aku mengajukan penelitian tentang OWL, tapi beliau menolak karena itu mungkin susah buatku (dan aku baru sadar kalo OWL itu untuk semantik web, yang dasar teorinya tidak diajarkan di D3) dan beliau malah menawarkan topik tesisnya, finger print dengan C++, untuk aku lanjutkan. Doh!?!? kalo pemrogramannya mungkin aku bisa belajar dengan cepat, tapi kalo untuk dasar teorinya aku ngga bisa karena ngga diajari. Akhirnya dari diskusi awal keluar satu topik yang akhirnya aku kerjakan, sistem informasi berbasis ponsel menggunakan J2ME😀

Bimbingan dengan Pak Edi sangat menyenangkan, selain orangnya ramah, beliau juga mau membalas SMS dari mahasiswanya, zaman dulu dosen-dosen nampaknya lebih suka ditelepon daripada di SMS, yang notabene kadang ngirit pulsa..hihihihi.. Satu peristiwa yang masih aku ingat sampai sekarang adalah ketika mau mendaftar pendadaran. Hari itu hari Sabtu siang, sementara pendaftaran pendadaran paling lambat hari Senin depan. Aku berdua dengan Ardi (Ikomp 03) menunggu di depan milan janjian dengan pak Edi untuk meminta tanda tangan sekitar jam 12. Sudah pukul 12.00 WIB tapi ternyata bapak dosen yang ditunggu belum datang jua, akhirnya kami berinisiatif untuk menelepon rumahnya, yang menerima waktu itu ibunya kalo ngga salah. Ibunya berkata kalo pak Edi sedang tidak ada di rumah.

Wedew,, di saat genting gini malah bapak dosen yang ditunggu tidak ada di rumah. Akhirnya si Ardi telepon langsung ke hp pak Edi, waktu itu dijawab beliau lagi di jalan, bahkan kami menawarkan bersedia ke rumahnya karena memang waktu itu hari Sabtu dan perkuliahan libur, tapi katanya nanti saja. Lalu kami pun menunggu, setelah hampir 1,5 jam kami menunggu tiba-tiba dari kejauhan muncul bapak dosen yang kami nantikan! Lho, tadi bapak dosen tidak bilang mau ke Jogja tapi tiba-tiba muncul. Beliau datang dengan pakaian santainya, celana panjang dan mencangklong tas. Ahhh,,pokokonya terima kasih Tuhan akhirnya bapak dosen datang juga! langsung saja kami berdua menyodorkan naskah kami dan langsung ditandatangan sembari ngobrol-ngobrol sebentar.

Setelah selesai semua urusan, kami pun berpisah dan ternyata bapak dosen kami itu cari bis buat balik lagi ke Magelang! Ternyata bapak dosen meminta kami menunggu karena sedang di bis dalam perjalanan ke Jogja, untuk apa? untuk menandatangani naskah anak bimbingannya yang mau maju pendadaran! Jauh-jauh bolak-balik dari Magelang-Jogja-Magelang hanya untuk dua orang mahasiswanya! Ngga pernah terbayang di benakku ada dosen yang sebegitunya. Dedikasi dan tanggung jawab yang sangat mulia dari seorang dosen. Itulah salah satu hal yang selalu aku ingat sampai sekarang. Semoga jika besok aku bisa menjadi dosen aku juga akan berusaha berperilaku yang sama dengan beliau ^^.

3 thoughts on “Opini Gembira : dosen, dosen, dan dosen

  1. Wah, pak edi sekarang di aussie mantap lah kalau begitu. Walaupun tidak terlalu intens bergaul, saya setuju kalau pak edi memang salah dosen yang bisa dijadikan teladan. Salam buat pak Edi kalau ketemu…

Leave a Reply

