Penyetan Banyuwangi (lagi)

Sego Penyetan Banyuwangi Seturan

Saya lupa kapan terakhir kali datang ke warung sego penyetan Banyuwangi bersama Mawa. Yang saya inget, sebelumnya pernah dua kali kami ke sini. Pertama kali dengan nasi centingan, yang kedua nasinya sudah ngga centingan lagi (hiks..hiks.. rugi rasanya).  Kemarin Minggu akhirnya kami memutuskan untuk makan kembali di tempat ini selepas pulang dari beribadah.

Kondisinya masih sama seperti waktu-waktu yang lalu, masih cukup ramai. Banyak sekali mobil-mobil yang menutupi warung ini, sepintas terlihat seperti ramai sekali tapi ternyata ngga terlalu rame.. ahh, gara-gara ketutupan mobil sih, namun ketika masuk ke dalam untungnya ngga terlalu rame sehingga masih bisa mendapat tempat yang nyaman di dalam.

Kami berdua hanya pesan beberapa menu, kalo diliat dari tahun kemarin nampaknya harga masakannya hanya naik sedikit tapi heran juga karena sambalnya masih tetap HOT!! cuma kalah dua level sama sambal ibu Imas. Ada juga menu baru, yaitu gorengan. Saya pesan pada pelayannya gorengan satu porsi isi 5, sedangkan waktu saya ke kasir dikasih tau kalo gorengan satu porsi isi 4. Entah mana yang salah, tapi akhirnya datang 1 porsi gorengan isi 5 yang terdiri dari 2 tempe goreng, 1 tahu isi, dan 2 pisang goreng. Hmm,,rasanya nikmat juga..

Oya, ada baiknya selalu mengecek pesanan ke pelayannya karena *well* kadang pelayannya suka lupa dan bingungan. Contohnya kemarin, saya pesan gorengan 1 porsi yang isinya 2 tempe goreng, 1 tahu isi, dan 2 pisang goreng (kata mbak kasirnya boleh campur isinya dalam satu porsi). Ketika saya crosscek ke pelayan, dia malah bilang kalo tempe gorengnya itu tinggal 1 porsi, tahu isinya juga tinggal satu porsi. Doh!! tepuk jidat!! akhirnya saya jelaskan kalo maksud saya itu bukan pesan masing-masing item gorengannya 1 porsi, tetapi saya hanya pesan satu porsi dengan item yang bermacam-macam. Pelayannya akhirnya baru ngeh setelah saya jelaskan seperti itu. Ngga kebayang kalo tagihan bengkak gara-gara pelayannya salah persepsi terhadap pesanan! Ada juga orang disebelah kami yang ternyata pesanannya ada yang kurang, akhirnya jadi nunggu dibuatkan pesanannya. Saran saya, sekali lagi crosscek ke pelayannya pada waktu pesan.

Nasi penyetan ini memang enak, nasinya yang panas dan pulen ditambah sambal yang pedas dan segar sangat merangsang lidah untuk selalu tambah.. hahahaha.. Itulah yang terjadi pada saya, setiap saya kepedasan saya tutup dengan nasi putih dan lauk-pauk. Alhasil, saya kekenyangan makan nasinya + lauk pauk + sambal🙂 setelah selesai makan saya bilang ke Mawa, “Maw, diet karbohidratku gagal hari ini” dan dia malah tertawa ngakak,,hahaha…

Itulah pengalaman kami kemarin makan di sego penyetan banyuwangi, masakannya memang enak dan harganya juga terjangkau. Cocok untuk penikmat pedas dan yang sedang tidak diet karbohidrat *piss*

Gambar diambil dari sini.

Leave a Reply

