Menulis sebuah buku

Kemarin iseng-iseng browsing tentang buku CodeIgniter, ternyata nemu satu buku CodeIgniter buatan Indonesia yang masih fresh atau nampaknya baru aja terbit. Dalam resensinya sih dikupas kalo buku ini membahas dari dasar mengenai CodeIgniter disertai contoh pembuatan aplikasi presensi siswa. Hmm,,sebetulnya antara iri dan ngga iri juga saya dengan penulis buku ini. Kenapa?? kalo yang iri, saya iri karena dia bisa duluan nulis buku CodeIgniter ini padahal saya juga sudah cukup lama bermain-main dengan framework ini😀 terus kalo ngga irinya kenapa?? Saya masih bisa mempertahankan idealisme saya sebelum saya memutuskan untuk menulis buku. Yap! saya masih merasa bahwa saya belum cukup ilmu untuk menulis sebuah buku, masih harus ditimba lagi ilmunya supaya bisa menghasilkan karya yang baik bagi para pembaca.

Dari blog pak Budi Rahardjo, saya mendapat konsep tentang 10000 jam. Bahwa untuk menjadi seorang expert itu harus melewati 10.000 jam atau 10 tahun dulu! Itu baru bisa dibilang expert dibidangnya. Nah, kembali lagi ke persoalan buku makanya kalo kita baca ebook-ebook luar negeri, khususnya komputer, dan kita baca biografi penulisnya (kalo anda ada yang suka baca sih) pasti rata-rata pengalaman mereka sudah lebih dari 10 tahun dibidang yang mereka geluti. Hasilnya apa?? kita menjadi matang selesai membaca buku tersebut baik dari konsep maupun dari aplikasi karena penulis bisa memberikan pemahaman yang mendasar tentang apa yang akan kita pelajari lewat bukunya.

Kemarin bapak dosen saya posting mengenai kata-kata dari seorang programming trainer dari Gameloft Indonesia, “you’d better go for the basics of programming“. Kita harus belajar juga tentang logika pemrograman, struktur data, algoritma. Jangan hanya terlalu fokus pada tools dan fitur-fiturnya karena kalo dirunut ke belakang, tools itu diciptakan oleh orang-orang dengan kemampuan logika, algoritma, dan pemrograman yang mumpuni🙂 Semoga saja semakin banyak orang yang bisa membuat buku yang lebih bagus lagi. Harapan pribadi saya, suatu saat saya bisa menulis sebuah buku yang bermanfaat bagi banyak orang! amin.

Leave a Reply

