ohhh..

I don’t believe you are qualified to apply, sorry.

–e.

Itulah jawaban yang aku terima dari European Master’s Progam in Computational Logic. Speechless ketika aku baca email balasan dari EMCL, walaupun sebetulnya tidak berharap terlalu banyak tapi kok ya tetep gimana gitu rasanya *halah*. Entah kenapa beberapa minggu terakhir aku getol cari beasiswa untuk melanjutkan studi master di luar negeri. Awalnya mencoba Erasmus Mundus, namun ternyata untuk tahun 2010 pendaftarannya sudah dari tahun kemarin sehingga di bulan Maret/April ini sudah keluar pengumumannya. Ketika browsing ngga sengaja aku menemukan link ke EMCL itu, dan melihat bahwa masih dibuka pendaftaran akhirnya aku coba. Dua kali aku audiensi via email menanyakan ketentuan-ketentuan yang sekiranya bisa diikuti.

Di bagian requirement sebetulnya memang ngga ada yang bisa aku penuhi nampaknya, requirement-nya berupa “Foundations of Mathematical Logic”, “Foundations of Artificial Intelligance”, and “Declarative Programming”. Apa pula itu?? hahaha.. tanya saja sama simbah ya🙂 Kebetulan aku tadinya kuliah di D3 dan sekarang lanjut transfer ke S1 sehingga memang ada beberapa mata kuliah yang tidak aku dapat. “Foundations of Artificial Intelligance” aku tidak mendapatkannya sama sekali di D3 maupun S1, lalu “Declarative Programming” juga tidak mendapatkan. Aku hanya mendapatkan “Foundations Of Mathematical Logic” di D3 dan S1 sehingga kayaknya cuma itu yang mampu aku penuhi.

Hufhhh.. kalaupun ini bukan jalanku, semoga saja Tuhan memberikan ganti yang lebih baik lagi. Masih ada INAICTA, dan beasiswa Erasmus Mundus untuk tahun depan, sembari menyiapkan uang dan syarat – syarat. Ahh,,semoga masih ada seseorang yang mau menantiku untuk ini.

Leave a Reply

