Facebook,apakah bisa menurunkan IP??

Ada studi yang dilakukan oleh Ohio State University tentang hubungan antara penggunaan facebook dan grade yang lebih rendah di universitas. Menurut riset yang dilakukan oleh universitas ini kepada 219 mahasiswa di universitas Ohio, 102 siswa yang belum lulus dan 117 siswa yang sudah lulus didapat bahwa 85% mahasiswa yang belum lulus merupakan pengguna facebook sementara hanya 52% dari mahasiswa yang sudah lulus yang merupakan pengguna facebook. Lalu apa hubungannya dengan IP?? Studi itu menunjukkan bahwa mahasiswa yang lebih sering facebookan mempunyai IP yang lebih kecil daripada mahasiswa yang tidak facebookan. Mengapa?? salah satu hal yang dijadikan alasan adalah jam belajar. Mahasiswa facebookers hanya belajar 1 – 5 jam/minggu sedangkan yang non facebookers bisa belajar 11 – 15 jam/minggu, bedanya jauh ya??🙂

Apakah memang ada keterkaitan antara facebook dengan nilai para pelajar di sekolah (mulai dari SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi)?? Kalo saya berpendapat, walaupun mungkin facebook berpengaruh terhadap turunnya nilai para pelajar atau mempengaruhi hal – hal yang lain kita tetap tidak bisa menyalahkan facebook sepenuhnya. Mengapa?? karena facebook itu hanyalah tools atau alat, semua kendali dipegang oleh kita sendiri sebagai user atau pengguna.

There may be other factors involved, such as personality traits, that link Facebook use and lower grades,” she said. “It may be that if it wasn’t for Facebook, some students would still find other ways to avoid studying, and would still get lower grades.  But perhaps the lower GPAs could actually be because students are spending too much time socializing online.

Semuanya memang tergantung dari diri kita sendiri, saya pun sering ber-facebook ria karena situs ini menawarkan banyak sekali hal yang menarik. Saya bisa berkomunikasi dengan teman – teman SMA yang sudah lama terpencar, saya bisa mengirimkan ucapan selamat ulang tahun, saya bisa memanfaatkan game – game yang tersedia ketika saya sedang merasa jenuh dengan pekerjaan. Ketika sebagian besar waktu sudah tersita di pekerjaan atau kantor, maka waktu yang tersedia untuk membina hubungan pertemanan ya memang lewat jejaring sosial. Kemudian, bagaimana dengan yang sampai ketagihan?? bagaimana cara menghentikannya? Beruntung saya belum pernah ketagihan sampai saat ini, ketika kita tidak mau memaksa otak untuk berhenti atau ‘mengerem’ maka kita akan bisa ketagihan.

Ketika berada di kost dengan komputer yang terhubung dengan internet, maka saya akan langsung berada di depan komputer selama berjam – jam bahkan ketika badan sudah terasa letih dan ngantuk minta untuk diistirahatkan. Namun, saya biasanya tidak dapat berhenti, apalagi ketika ada hal yang menarik perhatian saya. Apa yang terjadi setelahnya?? saya mungkin tidur dengan kondisi parah dan lelah mata dan itu membawa hal yang buruk sesudahnya. Akhirnya, saya putuskan ketika saya sudah mulai kecanduan internet dan badan ingin istirahat, saya langsung mencabut modem dan mematikan komputer serta mencabut semua kabel – kabel yang berhubungan dengan komputer ketika komputer sudah mati. Kejam?? memang..hehehehe.. tapi saya pikir itu cara terbaik yang bisa saya lakukan ketika saya merasa kecanduan. Ketika saya sudah bisa menguasai hasrat, baru saya mencari alternatif lain seperti membaca atau mendengarkan radio.

Facebook atau situs – situs jejaring sosial yang lain sekali lagi hanyalah alat, dan kita sebagai user yang memegang kendali. Ketika kita sudah dikuasai alat, maka yang ada hanyalah keadaan yang memburuk. Seenak – enaknya jejaring sosial, kita tetap membutuhkan komunikasi verbal secara langsung karena dari situ kita bisa belajar apa yang tidak diajarkan dari komunikasi visual lewat facebook, yaitu memahami, bersimpati, dan berempati.

Apakah anda merupakan salah satu orang yang IP-nya turun gara – gara facebook??

Leave a Reply

