Anyam – anyaman Nyaman

Ketika aku sedang brwosing Rossa nyari lagu OST Munajah Cinta, ngga sengaja nemu lagu lama milik Sudjiwo Tejo yang judulnya “Anyam – anyaman Nyaman”. Ahh,, tiba – tiba saja aku teringat akan dua tahun yang lalu. Dua tahun yang lalu pernah aku dan kawan – kawan dimintai tolong untuk menyanyi dalam pernikahan seseorang dan ternyata di salah satu lagunya itu ada yang berjudul “Anyam – Anyaman Nyaman”. Awalnya memang agak aneh sih denger lirik dan nadanya, tapi ternyata sangat menarik untuk dinyanyikan🙂 apalagi pada saat itu kami menyanyikannya cowok – cewek dan bersahut – sahutan (mirip canon kali ya?!?!).

Terus terang aku nggak tau lirik lagunya itu bercerita tentang apa dan bagaimana bisa dipake sebagai lagu pernikahan. Aku aja agak mikir dengan judulnya, “Anyam – Anyaman Nyaman ini maksudnya apa yah?? dan apa relevansinya dengan pernikahan??”. Kemudian aku hanya mencoba untuk menghubung – hubungkan sendiri dari judul lagunya. Mungkin dalam pernikahan kita akan mencoba membentuk sesuatu secara bersama – sama (sesuatu itu merupakan goal yang ingin dicapai dalam pernikahan). Dan semua itu dilakukan lewat sebuah proses (diibaratkan dengan menganyam) sehingga akhirnya bisa dibentuk sebuah anyaman yang bagus dan indah. “Lalu nyamannya dimana??“, nyamannya itu adadi bagian ketika kita sedang menganyam. Jadi usahakanlah untuk menganyam dengan nyaman sehingga bisa membentuk sebuah anyam – anyaman yang nyaman🙂. Wah,,kok jadi susah gini ya??? hahahahaha.. tapi intinya tetap itu kok..

Ini liriknya yang sangat bagus dan aku ngga tau apa artinya :

Anut runtut tansah reruntungan
Munggah mudhun gunung anjlog samudra
Gandheng rendhengan jejering rendheng
Reroncening kembang
Kembang temanten

Mantene wus dandan dadi dewa dewi
Dewaning asmara gya mudhun bumi
Ela mendhung, bubar mawur, mlipir-mlipir, gya sumingkir
Mahargya dalan temanten
Dalanpun dewa dewi

Swara trompet, ting celeret, arak-arak, sigra-sigrak,
Datan kendat, anut runtut, gya mudhun bumi…

Dan bagi kalian yang pengen download mp3nya bisa download di sini. Oya, kalo ada yang berkenan buat ngarttin liriknya tolong di post yah🙂 Aku juga pengen tau arti liriknya.. hahahaha…

9 thoughts on “Anyam – anyaman Nyaman

  1. kurang lebih bhasa indonesianya begindang: [kalo salah mohon di koreksi]

    —————————-
    naik turun gunung loncat ke samudra
    berkaitan dengan erat
    kumpulan bunga
    bungan pernikahan

    orang yang menikah sudah dandan miripdewa dan dewi
    dewa asmara turun ke bumi
    ela (kek umbrela. e.. ela.. ela.. :D), bubar tidak beraturan, mepetmepet,

    %*%^#^%&*()
    ah susah sekali… banyak istilah tidak ada di bhs indonesia

    IMHO itu lirik nya brcerita tentang meriah dan sakral nya sebuah upacara perkawinan..

  2. hanya orang2 tertentu yg bisa memahami arti dr lagu ini. bahkan orang jawa sendir pun blm tentu bs mengartikan bahasanya.

  3. http://blog.brtoalit.com/?p=98http://blog.brtoalit.com/?p=98

    selalu bergandengan tangan seiring sejalan
    naik turun gunung sampai kedalam samudera
    beringan laksana rangkaian bunga untuk pengantin
    sang pengantin telah berdandan laksana dewa – dewi
    dewa asmara yang turun ke bumi

    reff :
    lihatlah mendung menyingkir
    menuju ke tepi dan segera berlalu
    sebab jalan bagi pengantin adalah jalan bagi dewa – dewi
    terdengar suara terompet
    berarak – arakan dan bergembira
    tidak putus- putusnya arakan itu
    dan segeralah menuju ke bumi

  4. wah saya juga baru bberapa minggu ini denger laguny..Seru juga sujiwo tejo..
    Penasaran sm lirik+artinya dan akirnya nemu di blog ini..
    Ternyata artinya mendalam,

    Trimakasih ya kawan..

  5. Ni lagu pertama kali denger kalo ga jaman sma ya smp… pertama denger langsung suka, gitu juga ama aransemen musiknya… mudah2an aja ada yg berkenan nyanyiin lagu ini pas gw nikah…

  6. @KM : Sumpah artinya keren bgt… saya jg suka lagu ini, tapi blm2 dapet artinya, n sekarang alhamdulilah dpt.. haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s