Kenapa komik Jepang lebih banyak beredar di negara kita??

Selama beberapa kali dateng ke rental komik seumur hidup pasti susah banget dapet komik Indonesia😀 Ngga tau kenapa kebanyakan berisi manga Jepang, dan sedikit juga komik US. Sebenarnya kenapa sih di negara kita sendiri ini susah banget nemuin komik buatan sendiri?? Apakah sebetulnya orang – orang kita ini ngga terlalu berpotensi untuk membuat sebuah komik? ataukah memang tema – tema yang kita angkat kurang ‘in’ dengan gaya anak muda saat ini?

Aku pernah baca beberapa anime Jepang, disana ada beberapa komik yang berbaur dengan sejarah, cerita rakyat dan kebudayaan. Jadi nilai – nilai seperti itu dimasukkan ke dalam sebuah komik, supaya anak – anak tidak lupa dengan sejarah mereka, cerita rakyat mereka, ataupun kebudayaan – kebudayaan yang mereka miliki. Kalo kamu ingat tokoh Jiraiya, Tsunade, dan Orochimaru, serta Rubah Berekor Sembilan di manga Naruto atau Anime sebetulnya itu merupakan tokoh – tokoh dalam cerita rakyat Jepang. Atau ketika membaca Samurai Deeper Kyo, disitu berbaur dengan sejarah dalam masa klan Tokugawa.

Lewat komik sebetulnya secara ngga langsung kita bisa semakin memahami falsafah hidup, sejarah, dan kebudayaan bangsa kita yang saat ini sudah mulai luntur tergerus kebudayaan baru. Kita punya kartunis – kartunis handal dan pasti banyak seniman yang belom pernah unjuk gigi akan kemampuannya. Pertanyaanya? apakah kita malu untuk menggambarkan perjuangan Pangeran Diponegoro dalam komik, dengan gambar tokoh yang mungkin maap kurang kota? Yah,,apapun jawabannya semoga saja suatu saat nanti akan ada komik Indonesia yang bisa aku temukan ketika aku berkunjung ke rental komik😀

11 thoughts on “Kenapa komik Jepang lebih banyak beredar di negara kita??

  1. banyak sebenarnya komik” lokal. kalo jaman dulu ada yg namnya: gundala putra petir, si buta dari goa hantu, panji tengkorak. byk bgt dulu. aku lupa judl yg pernah best seler. klo yg sekarng lag laris manis tu ada. ada yg ngincer buat di jadiin film. tapi yg punya komik masih mikir2 sama tenologi di sini bisa pa g. agak hi-tech soalnya. lupa saya judulnya. saya baca dari concept magazine tak tinggal di rumah.

    dan ternyat ada komikus kita yg dia punya project di US. di Marvel komik. yg bikin superman. lagi-lagi saya lupa namanya. maaf. sebenrnya kita g kalah kok.

  2. wah,,aku taunya Gundala, Si Buta dari Goa Hantu, sama Panji Tengkorak itu versi film. Kalo Si Buta ama Panji bukannya itu novel?? sejenis ama Wiro Sableng?

  3. Sebetulnya permasalahannya bukan pada masalah kurangnya kreatifitas ato topik” yang diangkat disebut kurang kota. Yang menjadi masalah adalah pada minimnya perusahaan cetak yang mau menggenjot produksi komik dalam negeri. Tentunya menjual sebuah brand baru memang dibutuhkan pengorbanan dan percobaan yang banyak sampai menghasilkan karya-karya yang cukup laik dibaca. Sayangnya perusahaan percetakan di negara kita lebih suka mencetak sesuatu yang sudah laku.

  4. Sebetulnya permasalahannya bukan pada masalah kurangnya kreatifitas ato topik” yang diangkat disebut kurang kota. Yang menjadi masalah adalah pada minimnya perusahaan cetak yang mau menggenjot produksi komik dalam negeri. Tentunya menjual sebuah brand baru memang dibutuhkan pengorbanan dan percobaan yang banyak sampai menghasilkan karya-karya yang cukup laik dibaca. Sayangnya perusahaan percetakan di negara kita lebih suka mencetak sesuatu yang sudah laku.

  5. ada kok komiknya. cergam begitulah. kamu baca ja concept edisi bulan desember-januari. di situ mengupas ttg cergam. saya ada tapi di rumah.😀

    kalo mau cari di toko buku-buku bekas. di bandung ada 2 toko yang terkenal. lagi-lagi saya lupa nama tokonya. maaf!! nanya orang bandung aja.

  6. @iman brotoseno :
    wah,,banyak juga tuh. Ada koleksi elektroniknya ngga,mas?? kalo ada tolong diupload ya.. hahaha.. biar bisa dinikmati lagi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s