Sayap – Sayap Patah

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat membaca sebuah buku Khalil Gibran yang berjudul “Sayap – Sayap Patah”. Kisah cinta yang hampir mirip dengan “Romeo and Juliet”-nya Shakespeare namun aku lebih tertarik dengan karya Gibran yang satu ini dibandingkan dengan karya Shakespeare karena beberapa alasan (yang subjektif tentunya)🙂

Ketika kita membaca Romeo dan Juliet, cerita yang mengalir hanya seputar kisah cinta terlarang antara dua orang manusia dari dua keluarga besar yang saling berseteru. Fokus hanya pada kehidupan cinta mereka,, kesulitan – kesulitan yang mereka hadapi, hal – hal yang mereka lakukan untuk tetap bertahan dengan cinta mereka. Tetapi sangat lain ketika kita membaca karya Gibran ini, kita tidak hanya disuguhi sebuah kisah cinta yang dramatis namun konflik yang dibangun juga lebih menarik.

Gibran menonjolkan situasi kebudayaan, kehidupan sosial yang ada kala itu. Dimana seorang pemuka agama merupakan seorang yang sangat dihormati sehingga ia bisa melakukan apa pun yang diinginkan dengan kekuasaannya, belum lagi kehidupan sosial yang menganggap bahwa seorang istri yang tidak bisa mempunyai anak merupakan orang yang memalukan masyarakat, dan masih banyak lagi konflik – konflik sosial yang turut serta membangun kisah cinta ini menjadi lebih menarik.

Endingnya pun lebih berkesan,, karena cinta mereka berdua akhirnya sama – sama mati. Satu mati secara jasmani dan satunya mati secara rohani (dalam hal ini,,hati lebih tepat). Memang tidak salah kalo ini dimasukkan kedalam salah satu masterpiece dari Kahlil Gibran disamping “Sang Nabi”.

Recomended book if you interest with Kahlil Gibran,,

gambar dipinjam dari http://www.picassodreams.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s